Scroll to Top

Rayo Vallecano vs Espanyol 2-0: Hasil Liga Spanyol

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 10 Mar 2013

Rayo Vallecano vs Espanyol 2-0

Gol-gol Alejandro Dominguez dan Piti sukses menciptakan hasil pertandingan Rayo Vallecano vs Espanyol skor 2-0 dalam lanjutan Liga Spanyol pekan ke-27. Berkat tiga poin yang didapatkan di kandang sendiri, Campo de Vallecas, pada Sabtu, 9 Maret 2013 Rayo sukses mendongkrak posisi mereka ke peringkat delapan. Sekaligus membuka jalan untuk terus mengintip peluang bermain di Eropa musim depan.

Jika Rayo Vallecano hanya mengejar target untuk tak terdegradasi, maka Pasukan Petir sudah aman dari kemungkinan lengser ke Segunda Division musim depan. Di depan lebih dari 8000 penonton, mereka bisa bangkit dari keterpurukan untuk menikam Espanyol. Dengan 41 poin, secara teknis ketakutan Rayo akan tenggelam setelah kehilangan Miguel Michu, sudah lenyap. Namun, apa yang diperagakan mereka dalam laga melawan klub Katalonia, menunjukkan niatan lebih dari sekadar selamat dari degradasi. Jika pasukan paco Jemez bisa berlaga minimal di Europa League musim depan, mengapa tidak?

Dibantu kekeliruan pelatih Espanyol, Javier Aguirre yang baru menurunkan Verdu di babak kedua, Rayo mendominasi jalannya pertandingan dengan mutlak. Dan tidak ada yang lebih menguntungkan daripada unggul cepat di menit 9. Alejandro Dominguez sukses menjebol gawang Francisco Casilla berkat assist Leo Baptistao.

Keunggulan Rayo terus bertahan. Espanyol memakai formasi 4-4-2 untuk memastikan Christian Stuani bisa bekerja lebih awal dari biasa. Namun yang terjadi, gertakan Pasukan Parkit hanya diberikan oleh Sergio Garcia. Dan ini tidak cukup untuk memberikan ancaman berarti bagi Ruben, kiper Rayo.

Sebaliknya, Casilla yang harus berjibaku untuk membuat skor tetap minimum dan setidaknya Espanyol datang ke babak kedua hanya dengan selisih satu gol. Javier Aguirre berusaha menyelamatkan anak buahnya dengan menghadirkan dua pemain sekaligus di awal babak kedua: Verdu dan Wakaso Mubarak. Bahkan, ketika Martin Petrov dihadirkan untuk mengganti Simao Sabrosa di 20 menit terakhir pertandingan, keadaan tidak berubah. Lalu, tujuh menit berselang, datanglah gol yang mematikan pertandingan.

Adakah Piti yang melakukannya. Memanfaatkan umpan Jordi Figueras, Piti melihat gerakan Kiko Casilla yang hendak menutup aksinya. Jadilah sebuah tembakan sambil terjatuh dilepaskan oleh Si Nomor 10. Sekaligus membuat tindakan Casilla keluar kotak penalti harus dibayar mahal. Bola meluncur deras ke gawang Espanyol tanpa bisa dicegah oleh siapa pun lagi.

Skor akhir 2-0 yang sangat layak didapatkan tuan rumah. Rayo lebih menguasai jalannya pertandingan, plus lebih banyak melepaskan tembakan tepat sasaran. Mimpi ke Eropa terus dikejar. Bahkan kini mereka cuma terpaut 3 angka dari Malaga yang sementara di posisi empat, batas terakhir pergi ke Liga Champions.

Rayo Vallecano: Rubén; Tito, Gálvez, Jordi Figueras, Casado (Arbilla ’67); Javi Fuego (Adrián González ’84), Trashorras; Lass (José Carlos ’41), ‘Chori’, Piti; Leo.

Espanyol: Kiko Casilla; Javi López, Diego Colotto, Héctor Moreno, Capdevila; Víctor Sánchez (Wakaso ’46), Forlín; Stuani, Christian Alfonso (Verdú ’46), Simao (Petrov ’70) Sergio García.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda