Scroll to Top

Athletic Bilbao vs Valencia 1-0: Hasil Liga Spanyol

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 10 Mar 2013

Athletic Bilbao vs Valencia 1-0

Athletic Bilbao berhasil mengamankan kemenangan penting dalam lanjutan La Liga pekan ke-27. Bermain di San Mames, pasukan Marcelo Bielsa mengukir hasil pertandingan Athletic Bilbao vs Valencia skor 1-0. Hasil Liga Spanyol idak hanya membuat peluang Los Che mengudeta Malaga pupus, Athletic juga mulai nyaman di luar zona degradasi.

http://www.youtube.com/watch?v=7eizuMmGC1k

Valencia datang ke markas Bilbao dengan luka setelah tersingkir dari PSG di Liga Champion. Pelatih Ernesto Valverde pun merotasi pemain. Tidak ada nama Roberto Soldado, Jonas, dan David Albelda dalam starting XI. Posisi penyerang utama diberikan kepada Nelson Valdez.

Sementara itu, Athletic yang lebih bugar, bisa menurunkan para pemain pilihan. Termasuk penyerang Aritz Aduriz yang sudah satu setengah bulan belum mencetak gol. Fernando Llorente, bagaimana pun, tetap menjadi pilihan kedua yang akan hadir belakangan.

Berusaha mengejar tiket ke Liga Champion, Valencia harus bertempur ketat dengan Athletic sepanjang babak pertama. Lalu, kala laga berjalan 30 menit, Los Che malah kehilangan sang kapten dalam laga tersebut, Victor Ruiz yang mengalami cedera.

Babak kedua, keadaan sama sekali lain. Pasukan Kelelawar lebih menggigit, dan Singa-Singa Basque seperti berhasil dijinakkan. Marcelo Bielsa yang bertindak cepat. Ia memasukkan Iker Muniain dan Fernando Llorente untuk memaksa hasil apik, setelah pekan lalu memenangi derby melawan Osasuna.

Valencia apes karena tidak memiliki ketajaman yang cukup untuk menembus gawang Gorka Iraizoz. Bahkan meski Roberto Soldado diturunkan sejak menit 65. Dan pada akhirnya, yang menjadi pembeda dalam sebuah laga, bukanlah jumlah tembakan, bukan pula ball possesions yang berimbang. Melainkan gol.

Hal itu hadir di menit 78. Bukan untuk tim tamu, tapi tuan rumah. Melalui sebuah umpan silang dari sisi kiri pertahanan Valencia, bola yang disapu bek Valencia Jeremy Mathieu malah mendarat pada kaki Iker Muniain. Tak membuang kesempatan lagi, anak muda asal Pamplona melepaskan tembakan yang mengarah ke sudut gawang Vicente Guaita.

Athletic menang lagi setelah sempat terpuruk. Sementara itu, Valencia terus berada dalam misteri. Empat partai terakhir, pasukan Mestalla cuma menuai empat kali seri. Tuah Ernesto Valverde yang awalnya ajaib, kini mesti terbentur. Liga Champion, masih agak jauh dari genggaman tangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda