Scroll to Top

Timnas Indonesia Harus Bermental Kuat untuk Menang

By Aditya / Published on Sunday, 10 Mar 2013

Timnas Indonesia AFF Cup 2012 - 3

Luis Manuel Blanco yang belum lama ditunjuk untuk melatih Timnas Indonesia bentukan Badan Tim Nasional (BTN) menegaskan akan membentuk tim dengan mental yang kuat. Menurut pelatih asal Argentina itu, para pemain timnas harus memiliki mental baja agar bisa memenangkan pertandingan, apalagi melawan tim yang di atas kertas lebih unggul, seperti Arab Saudi.

”Yang paling penting, pemain juga harus memiliki mental untuk meraih kemenenangan meskipun persiapannya pendek,” tandas Luis Manuel Blanco di Jakarta belum lama ini.

Kendati terhitung baru mengenal persepakbolaan Indonesia, namun Luis Manuel Blanco bertekad akan mempelajari karakter para pemain Indonesia yang bakal memperkuat tim yang diasuhnya. Caranya adalah dengan menonton langsung sejumlah pertandingan dan mempelajari karakter pemain melalui laga yang disiarkan di televisi.

“Saya juga akan menyaksikan langsung pertandingan Persisam Samarinda melawan Persipura Jayapura. Selain itu, saya juga melihat video-video dan menyaksikan beberapa pertandingan melalui televisi,” kata Luis Manuel Blanco.

Pelatih yang menggusur posisi Nil Maizar ini tidak menampik bahwa tidak mudah untuk melatih di Indonesia, apalagi dengan berbagai macam masalah yang merintangi, termasuk dengan belum berkumpulnya semua pemain yang dipanggil untuk melakoni pelatnas Timnas Indonesia. Namun, Luis Manuel Blanco mengaku sudah memiliki gambaran tim yang akan diturunkan untuk menghadapi Arab Saudi nanti.

“Banyak sekali kesulitannya. Hal itu memberikan keuntungan bagi Arab Saudi. Saya berharap, masalah yang terjadi saat ini bisa membangun sepakbola (Indonesia) yang lebih bagus lagi,” ujar Luis Manuel Blanco.

“Saya sudah punya bayangan tim. Sekitar 80 persen ada di kepala saya,” lanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda