Scroll to Top

Raptuya, Bantu Robot Mengerti Dunia Manusia

By Ditya / Published on Monday, 11 Mar 2013

RoboEarth

Ilmuwan dan peneliti dari Eropa telah meluncurkan Raptuya, yakni sebuah database dan informasi online untuk robot dalam rangka membantu robot untuk mengerti dunia manusia. Raptuya ini juga dijuluki sebagai World Wide Web untuk robot.

Proyek Raptuya ini dirancang sedemikian rupa oleh para ilmuwan agar memungkinkan robot untuk men-download informasi dari internet untuk belajar tentang lingkungan mereka, komponen perangkat lunak, obyek benda dan gambar, dan bagaimana cara melakukan tugas tertentu.

Peluncuran tahap pertama proyek Raptuya ini diwakili dengan hadirnya RoboEarth. Dengan Ratuya, robot tidak harus belajar secara individual tentang bagaimana menangani objek dan situasi mereka sendiri.

Raptuya akan membantu mempercepat proses dengan men-download informasi yang diperlukan untuk robot melalui jaringan cloud. Proyek Raptuya juga akan membantu robot melakukan perhitungan sehingga dengan mudah dapat mengetahui bagaimana untuk bernavigasi di lingkungan sekitar, melakukan tugas-tugas, dan mengenali bahasa.

Kehadiran database dan informasi online untuk robot melalui proyek Raptuya ini diharapkan oleh para ilmuwan agar robot dapat mengurangi ketergantungan terhadap on board storage atau media penyimpanan internal serta kemampuan komputasi individual. Proyek Raptuya ini bisa dikatakan menggabungkan teknologi cloud untuk robot.

Sedangkan RoboEarth adalah robot yang dirancang untuk memimpin inovasi untuk pengembangan robot. Robot tersebut dapat mengakses informasi pada database Raptuya dan juga dapat meng-upload informasi yang mereka miliki ke dalam database agar dapat diakses oleh robot lain.

Seperti yang dilansir dari Slashgear (10/03/2013), hadirnya proyek Raptuya ini akan membuat robot dapat belajar sendiri mengenai dunia manusia. Hal ini mirip dengan film Transformers seri pertama dimana para robot Autobot belajar bahasa Inggris melalui World Wide Web.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda