Scroll to Top

10 Kegagalan Karir Wanita Menurut Sheryl Sandberg

By Ibnu Azis / Published on Monday, 11 Mar 2013

Sheryl Sandberg

Sheryl Sandberg memang menaruh perhatian khusus bagi kehidupan wanita khususnya soal karir. Belum lama ini COO Facebook tersebut mengutarakan mengapa wanita kerap tak berhasil dalam dunia pekerjaan yang ia dirangkum dalam 10 kegagalan karir wanita.

Pertama, Sheryl Sandberg melihat jika pria masih mendominasi sebagai leader di dunia kerja. Perannya sangat vital dan cenderung dominan. Ini yang ia lihat sebagai salah satu ganjalan bagi wanita.

Kedua, perempuan masih perlu bantuan laki-laki untuk sukses. Meski mereka telah bekerja keras namun kesuksesan yang diraih tetap akibat atribut orang lain.

Ketiga, perempuan suka menunda apa yang ia cita-citakan dengan pelbagai alasan. Seperti persoalan anak, edukasi, dan lainnya yang mengakibatkan karir mereka tersandera.

Keempat, Sheryl Sandberg tidak menyarankan perempuan untuk ambisius. Namun ketika itu terkait dengan kepemimpinan, ambisius boleh saja untuk menyetarakan posisi mereka dengan laki-laki.

Kelima, perempuan kurang bisa mengontrol dirinya sendiri. Tingkat penguasaan ini penting guna kontrol diri yang lebih baik di lingkungan kerja.

Keenam, memimpin bukan hanya sekadar memerintah. Memimpin berarti tanggung jawab dan miliki ketrampilan kepemimpinan serta bukan hanya sekadar bos.

Ketujuh, menikah adalah keputusan yang berat. Hidup dengan pasangan ‘selamanya’ dan bisa jadi karir kedua dalam hidup perempuan. Menikah tak akan menghambat karir jika Anda memilih pasangan yang tepat.

Kedelapan, perempun harus berani membut daya tawar. Mereka tak harus selalu nrimo, menerima apa yang diberikan perusahan. Misalnya soal gaji.

Kesembilan, perempuan harus aktif dan bersuara. Berani utarakan pendapat dan ide serta gagasan di perusahaan. Seperti saat rapat atau dengar pendapat.

Terakhir, jangan pernah membandingkan diri Anda dengan wanita lain yang murni ibu rumah tangga, 100% di rumah, urus anak, dan keluarga. Yakin dengan pilihan karir Anda meski bertentangan dengan ‘kodrat’ wanita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda