Scroll to Top

Peretas Incar Sejumlah Bank di Australia

By Ibnu Azis / Published on Monday, 11 Mar 2013

Hacker

Bank Sentral Australia dikonfirmasikan telah ditargetkan menjadi incaran serangan cyber. Peretas mengincar sejumlah bank meski tidak ada laporan jika terdapat data yang berhasil dibobol.

Reserve Bank of Australia (RBA) menanggapi sejumlah laporan surat kabar setempat, Australian Financial Review, yang menklaim jika bank tersebut telah berulang kali jadi bulan-bulanan peretas dan data serta informasi berhasil dijebol.

“Bank memiliki pengaturan keamanan yang komprehensif di tempat yang telah terisolasi serangan ini dan memastikan bahwa virus belum menyebar ke seluruh jaringan bank atau sistem,” tulis pernyataan RBA.

Serangan hacking pada pemerintah dan perusahaan telah menjadi rutinitas dengan kecurigaan jatuh pada China sebagai terduga. Beijing telah berulang kali membantah tuduhan itu dan mengatakan mereka menklaim juga korban hacking terutama dari Amerika Serikat.

RBA sendiri secara rutin berkonsultasi dengan Direktorat Sinyal Pertahanan, Badan Intelijen Australia untuk menjamin keamanan sistemnya. Laporan yang dirilis Freedom of Information Act menunjukkan Bank Sentral Australia menjadi subyek serangan email berbahaya pada 16 dan 17 November 2011, dengan menggunakan virus yang tidak terdeteksi oleh software anti-virus bank.

“Email tersebut telah berhasil melewati kontrol keamanan yang ada dan ditargetkan kepada staf bank tertentu dengan memanfaatkan sebuah hyperlink yang tertanam muatan virus,” lanjut pernyataan RBA.

RBA langsung mengambil langkah cepat dengan penyedia software anti-virus untuk memperbarui pertahanannya. Dikutip dari Reuters Senin (11/03/13), langkah ini termasuk scanning untuk hyperlink email dan secara otomatis memblokir tautan berbahaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda