Scroll to Top

Jalan Kaki Banyak Manfaatnya, Lho

By C Novita / Published on Tuesday, 12 Mar 2013

manfaat jalan kaki

Aktifitas jalan kaki kini makin dipandang sebelah mata. Orang Indonesia, terutama di perkotaan, kian enggan berjalan kaki dan memilih mengendarai sepeda motor walau tempat yang ditujunya cenderung dekat. Padahal, di beberapa negara maju seperti Jepang misalnya, jalan kaki masih jadi budaya yang digalakkan.

Jalan kaki sebenarnya membawa banyak manfaat bagi tubuh. Olahraga yang paling murah dan mudah ini juga dapat menghindarkan Anda dari beberapa jenis penyakit.

Seperti dilansir oleh situs magforwomen, berikut ini antara lain manfaat jalan kaki:

  • Membuang stres

Berjalan kaki mampu membuang stres yang Anda derita. Ia mampu menghilangkan ketegangan, dan bermanfaat juga mengurangi tekanan darah tinggi.

  • Membakar kalori

Dengan melakukan jalan kaki 30 menit, kalori yang mampu dibakar adalah 300 lebih. Ini efektif bagi Anda yang sedang mengalami obesitas dan ingin menurunkan berat badan.

  • Menyehatkan jantung

Kolesterol jahat yang menyumbat pembuluh darah dapat dihilangkan dengan aktifitas berjalan kaki. Ini akan menyehatkan jantung dan sekaligus menyehatkan paru-paru sebab saat berjalan otot paru-paru akan terlatih dengan baik.

  • Menghindarkan dari diabetes

Saat berjalan, hampir semua otot anggota tubuh bergerak dan membuat glukosa yang terdapat di sana ‘hilang’. Ini mencegah seseorang mengalami penyakit diabetes atau gula darah tinggi.

  • Menyehatkan otak

Jalan kaki membuat jantung berdenyut dengan cepat, dan membawa darah kaya oksigen ke seluruh tubuh, termasuk ke otak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda