Scroll to Top

Wigan, Millwall, Atau Blackburn Bersiap Ke Eropa Musim Depan

By Wan Faizal / Published on Tuesday, 12 Mar 2013

Everton 0-3 Wigan

Bosan melihat tim-tim itu saja yang mewakili Premier League di pentas Eropa? Well, untuk musim depan dipastikan akan ada dua “tim baru” yang siap mewakili Inggris di UEFA Europa League lewat jalur FA Cup. salah satu diantara Wigan Athletic, Millwall, atau Blackburn Rovers akan berebut menjadi pendamping Swansea City yang telah lebih dulu meraih tiket Eropa via jalur juara Capital One Cup.

Kepastian itu didapat setelah pengundian babak semifinal FA Cup 2013 dilakukan kemarin selepas laga Manchester United vs Chelsea. Wigan yang telah memastikan diri lolos ke empat besar akan menantang pemenang antara Millwall atau Blackburn yang masih harus memainkan laga replay.

Secara otomatis, satu diantara ketiga klub itu akan tampil di partai final untuk bertemu salah satu dari MU, Manchester City, atau Chelsea. Dan jika dilihat dari peringkat klasemen sementara saat ini, satu dari tiga tim tersebut pasti akan memilih tiket ke Liga Champions dari perjuangan mereka di liga daripada mengambil tiket Europa League yang memang menjadi jatah bagi juara FA Cup andai mereka menjadi juara.

Millwall vs Blackburn
Millwall 0-0 Blackburn

Jika asumsi itu yang terjadi, maka Wigan, Millwall, atau Blackburn lah yang ketiban rejeki. Jatah tiket Europa League yang tidak diambil tiga tim besar itu praktis akan diberikan pada sang runner-up FA Cup.

Akan menjadi hal yang menarik andai Millwall yang mendapat jatah tersebut jika mereka lolos ke final. Andai itu yang terjadi, maka akan ada dua tim asal Wales yang mewakili Inggris di tunamen Eropa musim depan. Swansea yang juara Capital One Cup juga merupakan tim dari negara asal Ryan Giggs tersebut.

Ketiga klub kecil tersebut tentu bisa bermimpi mengikuti jejak Fulham di UEFA Europa League 2009-2010. Kala itu meski tak diperhitungkan dan lolos ke Eropa via jalur lain, nyatanya The Cottagers mampu bermain mengejutkan dan lolos ke babak final. Sayang disana mereka dikalahkan Atletico Madrid dengan skor 2-1.

Selain Fulham, ada juga Middlesbrough yang mampu menembus final UEFA Cup 2006. Sial, dalam final yang digelar di Eindhoven, Stewart Downing dkk dibantai Sevilla empat gol tanpa balas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda