Scroll to Top

CEO Lenovo Pertimbangkan Akuisisi BlackBerry

By Ditya / Published on Tuesday, 12 Mar 2013

blackberry10event

Kabar akuisisi BlackBerry oleh Lenovo yang sempat terdengar pada bula Januari lalu kembali mencuat setelah CEO Lenovo, Yang Yuanqing, mengatakan bahwa pihaknya akan melihat perkembangan pasar untuk mempertimbangkan akuisisi terhadap perusahaan asal Kanada tersebut.

Kembali pada bulan Januari 2013 lalu, CFO Lenovo, Wong Wai Ming, mengisyaratkan kemungkinan produsen PC raksasa asal China tersebut untuk mengakuisisi BlackBerry yang saat itu masih menggunakan nama Research In Motion. Kabar tersebut tampaknya berdampak positif terhadap nilai saham BlackBerry yang langsung naik.

Kini kabar akuisis BlackBerry oleh Lenovo kembali mencuat setelah CEO Lenovo, Yang Yuanqing, melontarkan pernyataan pada sebuah media Perancis bahwa akuisisi BlackBerry saat ini “mungkin masih bisa masuk akal”. Hal ini mengisyaratkan bahwa Lenovo sedang mempertimbangkan untuk mengakuisisi BlackBerry.

Menurut Bloomberg, CEO Lenovo ini juga mengatakan bahwa perusahaannya perlu melakukan analisa pasar untuk memahami seberapa penting perusahaan BlackBerry di pasar. Komentar yang dilontarkan oleh CEO Lenovo ini sebenarnya tak jauh beda dari pernyataan yang dilontarkan oleh CFO Lenovo, Wong Wai Ming.

Meski kepastian akuisis BlackBerry oleh Lenovo masih belum jelas, tapi beredarnya kabar ini berdampak positif bagi BlackBerry. Berkat komentar CEO Lenovo mengenai masalah akuisisi, saham BlackBerry naik sebesar 9,7% menjadi USD $14,32 dan ini merupakan kenaikan terbesar sejak awal bulan lalu.

Seperti yang dilansir dari Slashgear (11/03/2013), meski demikian, akuisis Lenovo terhadap BlackBerry mungkin tak semulus yang dibayangkan, mengingat Lenovo adalah perusahaan yang berasal dari China. Padahal, saat ini Amerika dan Kanada sedang ‘sensitif’ dengan perusahaan asal China, hal ini terbukti dengan dilarangnya produk jaringan Huawei dan ZTE ke negeri tersebut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda