Scroll to Top

Firefox Tak Hadir di Apple iOS, Ini Alasan Mozilla

By Ditya / Published on Tuesday, 12 Mar 2013

Firefox

Mozilla menegaskan bahwa pihaknya tak akan menghadirkan browser andalan mereka, Firefox di sistem operasi Apple iOS yang meliputi iPhone dan iPad. Mozilla beralasan bahwa platform Apple iOS terlalu tertutup, sehingga membuat pihaknya enggan mengembangkan Firefox untuk perangkat besutan Apple tersebut.

Petinggi Mozilla, Jay Sullivan, mengatakan bahwa pihaknya tidak memiliki rencana untuk mengembangkan browser Firefox untuk platform Apple iOS, meskipun saat ini popularitas iPad dan iPhone masih sangat kuat. Terlalu tertutupnya platform Apple ini menjadi sebab Mozilla enggan menghadirkan browser andalannya tersebut.

Sebelum pernyataan ini muncul, sebenarnya Mozilla pernah merilis browser Firefox untuk perangkat besutan Apple tersebut, tapi akhirnya Mozilla menarik browser Firefox dari platfrom iOS yang dibesut oleh perusahaan yang berbasis di Cupertino tersebut.

Mozilla menolak aturan Apple untuk menggunakan mesin randering yang digunakan browser Safari besutan Apple, yakni WebKit. Mozilla sendiri menginginkan untuk menggunakan mesin JavaScript dan rendering milik sendiri. Seperti yang kita ketahui, Firefox menggunakan mesin rendering Gecko.

“Browser Apple Safari adalah aplikasi default untuk web surfing, dan bahkan jika Anda menginstal aplikasi pesaing seperti Chrome, Anda tidak bisa mengubah pengaturan default. Itu berarti link dalam aplikasi lain secara otomatis terbuka di browser Safari. Tak heran, Safari memiliki lebih dari setengah dari pasar browser mobile,” kata Rich Trenholm dari CNET.

Seperti yang dilansir dari TG Daily (12/03/2013), banyak yang menilai keputusan Mozilla untuk menarik keluar browser Firefox adalah keputusan yang tepat dan strategis. Mozilla sendiri kini memiliki senjata untuk menghantam Apple iOS, yakni Firefox OS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda