Scroll to Top

Kualifikasi GP Amerika : Casey Stoner Lanjutkan Tren Positif

By Rheza Fadhlillah / Published on Sunday, 28 Aug 2011

Stoner IndianapolisCasey Stoner keluar sebagai pemegang posisi pole pada kualifikasi GP Amerika di Sirkuit Indianapolis.

Stoner mencatat waktu tercepat 1:38.850 mengungguli duo Yamaha Ben Spies dan Jorge Lorenzo. Ini adalah kali ketujuh Stoner berhasil mengukuhkan diri sebagai penghuni pole.

Jalannya kualifikasi berlangsung aman bagi Stoner, pasalnya tidak ada gangguan berarti bagi dirinya sejak pertama kali ia memuncaki kualifikasi di menit-menit awal. Secara keseluruhan boleh dibilang Stoner mendominasi jalannya kualifikasi.

Ben Spies yang notabene merupakan pembalap tuan rumah tampak tidak ingin mensia-siakan kesempatan tersebut. Bersama rekan satu timnya Lorenzo, Mereka mendobrak dominasi Honda dengan menempatkan diri diposisi dua dan tiga.

Di barisan kedua mengisi pembalap Honda lainnya Dani Pedrosa dan Andrea Dovizioso yang berada di posisi empat dan lima. Pembalap tuan rumah lainnya, Colin Edwards tampil baik dengan menempatkan diri di posisi enam.

Marco Simoncelli peraih podium ketiga GP Ceko harus puas berada di posisi tujuh. Posisi Simoncelli mendapat ancaman dari pembalap tercepat Ducati yang juga pembalap tuan rumah Nicky Hayden di posisi kedelapan.

Pelengkap posisi sepuluh besar terdapat Alvaro Bautista yang melanjutkan tren positifnya dengan berada di posisi sembilan dan Hector Barbera di posisi sepuluh.

Aspal baru yang dimiliki Indianapolis menuai kritikan dari beberapa pembalap salah satunya adalah Casey Stoner. Terlalu licinnya permukaan aspal membuat beberapa pembalap terjatuh dan gagal mencetak waktu terbaik.

Sejak latihan bebas pertama tercatat adanya penurunan kecepatan secara drastis dibandingkan rekor terdahulu yang dipegang oleh Dani Pedrosa.

Meskipun begitu Stoner menunjukan bahwa ia tak sekedar pembalap yang hanya bisa mengeluh, terbukti dengan hasil baiknya di sesi kualifikasi yang menempatkan dirinya sebagai pembalap tercepat.

Namun balapan nanti nampaknya tidak akan berjalan semulus sesi kualifikasi untuk Stoner. Ben Spies pembalap tuan rumah yang sudah mengenal baik karakteristik Indianapolis menjadi ancaman terbesar Stoner yang saat ini masih ingin memperlebar jarak poin dengan Lorenzo.

Ancaman terbesar kedua kemungkinan datang dari Dani Pedrosa di posisi keempat. Pedrosa selalu membuat kejutan sejak kembalinya ia dari masa rehabilitasi cedera pundaknya. Ia pun boleh dibilang cukup konsisten selama latihan bebas digelar.

Ancaman terbesar terakhir kemungkinan datang dari Jorge Lorenzo. Lorenzo saat ini dalam ambisi besar meraih gelar juara dunia keduanya. Ia tidak akan tinggal diam dan akan selalu berusaha merebut kemenangan dari Stoner yang saat ini memuncaki klasemen kejuaraan.

Hasil Kualifikasi Motogp Amerika, Indianapolis 2011 :

  1.  Casey Stoner      Honda           1:38.850s
  2.  Ben Spies         Yamaha          + 0.523s
  3.  Jorge Lorenzo     Yamaha          + 0.779s
  4.  Dani Pedrosa      Honda           + 1.097s
  5.  Andrea Dovizioso  Honda           + 1.174s
  6.  Colin Edwards     Tech 3 Yamaha   + 1.248s
  7.  Marco Simoncelli  Gresini Honda   + 1.354s
  8.  Nicky Hayden      Ducati          + 1.394s
  9.  Alvaro Bautista   Suzuki          + 1.483s
  10.  Hector Barbera    Aspar Ducati    + 1.510s
  11.  Cal Crutchlow     Tech 3 Yamaha   + 1.770s
  12.  Randy de Puniet   Pramac Ducati   + 1.965s
  13.  Hiroshi Aoyama    Gresini Honda   + 2.075s
  14.  Valentino Rossi   Ducati          + 2.125s
  15.  Toni Elias        LCR Honda       + 2.180s
  16.  Karel Abraham     Cardion Ducati  + 2.235s
  17.  Loris Capirossi   Pramac Ducati   + 2.242s

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda