Scroll to Top

Manfaat Ketimun, Membuang Racun Dalam Tubuh

By C Novita / Published on Wednesday, 13 Mar 2013

manfaat ketimun

Ketimun adalah buah yang mengandung banyak air, dan termasuk dalam top 4 sayuran yang terbanyak dibudidaya di dunia. Diyakini, ketimun adalah tanaman asli dari negara India Utara. Banyak dikonsumsi saat musim panas oleh penduduk negara tersebut agar tubuh terhidrasi dengan baik.

Kandungan bermanfaat dari ketimun adalah vitamin A, B1, B6, C, dan D. Juga memiliki mineral seperti kalsium, potasium, dan folat. Karenanya, mengkonsumsi ketimun akan sangat baik manfaatnya untuk kesehatan.

Dilansir oleh Boldsky, berikut ini adalah keuntungan mengkonsumsi ketimun bagi kesehatan:

  • Menghindarkan dehidrasi. Usai beraktifitas atau saat musim panas, tubuh banyak mengeluarkan keringat yang bisa memicu timbulnya dehidrasi. Konsumsi ketimun dalam bentuk jus atau potongan kecil-kecil bisa membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh.
  • Membuang racun tubuh. Hampir 90% bagian dari ketimun adalah air. Ini membantu untuk mengeluarkan racun-racun tubuh dan radikal bebas yang ada dalam tubuh Anda.
  • Melawan kanker. Ketimun memiliki 3 kandungan yang dapat mengurangi resiko kanker yaitu ariciresinol, pinoresinol, dan secoisolariciresinol. Ini mampu mengurangi resiko kanker usus besar, prostat, payudara, ovarium, dan kanker rahim.
  • Menguatkan sendi. Ketimun kaya kandungan silika yang berguna untuk kesehatan sendi dan memperkuat jaringannya.
  • Menyehatkan mulut. Ketimun mengurangi bau mulut, menguatkan gigi dan menyehatkan gusi. Ia juga membunuh bakteri yang hidup di dalam mulut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda