Scroll to Top

1 Dari 4 Wanita Kerap Berdusta di Facebook

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 13 Mar 2013

Facebook iPad

Mengapa wanita gemar berbohong di Facebook? Menurut sebuah studi terbaru, 1 dari 4 wanita kerap berdusta di jejaring sosial ini. Menurut survei yang dilakukan oleh OnePoll, tindakan itu dilakukan agar membuat hidup mereka tampil lebih ‘sempurna’. Benarkah demikian? 

Kepura-puraan, cerita yang direkayasa, adalah satu dari sekian kebohongan yang disebar di jejaring sosial ini. Minimal mereka lakukan sebulan sekali. Contoh yang paling mudah menulis status ‘hangout’ padahal tinggal sendirian di rumah.

Studi dilakukan pada 2.000 wanita. Alasan paling umum mereka lakukan itu karena khawatir jika hidupnya nampak membosankan. Sebab lain karena ‘cemburu’ melihat aktivitas luar biasa teman-temannya di Facebook. Dan tindakan ini diambil guna membuat mereka terkesan.

Survei tersebut mengindikasi jika ‘ketidakjujuran’ wanita muncul pada tahap tertentu. 1 dari 4 wanita mengaku lakukan 1 kali sebulan. Sedangkan 1 dari 10 wanita lakukan hal yang sama dalam 1 kali seminggu.

30% responden bahkan mengaku berbohong tatkala menulis sedang melakukan sesuatu. Padahal mereka tak lakukan apa-apa alias sekadar leyeh-leyeh di rumah. 1 dari 5 pengguna juga tak jujur soal aktivitas liburan fiktif mereka. Bahkan, 1 dari 5 wanita menulis status relationship yang mengada-ngada.

“Semakin mencoba untuk membuat hidup kita nampak sempurna, maka kita akan semakin kurang sempurna,” ujar psikolog dan konsultan terkemuka Inggris, Dr Michael Sinclair, seperti dikutip dari Telegraph Rabu (13/03/13).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda