Scroll to Top

FB Like Ungkap Detail Informasi Diri Pengguna

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 13 Mar 2013

Facebook Jempol

Tombol like FB miliki segudang makna. Dari sebuah klik tombol jempol saja, pelbagai detail informasi pribadi pengguna bisa terkuak. Siapa yang diuntungkan? Hanya satu pihak, pengiklan.

Minat, ketertarikan, selera, orientasi seksual, kegemaran, dan lainnya, sebagian dari beberapa informasi tersebut. Pun juga dari informasi ini rahasia atau aib Anda bisa saja ‘terbongkar’. Misalkan saja Anda adalah perokok atau pecandu alkohol.

Di sebuah studi yang dipublikasikan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences, peneliti meneliti 58.000 pengguna Facebook tentang kepribadian mereka. David Stillwell salah satu peneliti dari Universitas Cambridge mengatakan, jika hasil riset tersebut mengejutkan.

Like Facebook terkait dengan banyak hal. Bisa seksual, gender, usia, IQ, agama, politik, etnisitas, dan lainnya. Like FB juga memetakan bagaimana aktivitas di Facebook, jumlah teman, serta kepribadian yang beragam.

Sebagai contoh, penyuka laman ‘Glee’ ditengarai adalah gay, heteroseksual, dan tertarik dengan olahraga gulat. Penyuka musik heavy metal, miliki teman lebih sedikit daripada mereka yang menjempol laman Jennifer Lopez.

Meski pengguna menutup rapat-rapat informasi pribadinya, yakin privasinya tak bakal jebol, namun dari studi ini bisa dipetakan dengan jelas. Dikutip dari Telegraph Rabu (13/03/13), dugaan serta sangkaan yang ada tetap masuk akal dan memang bisa diperdebatkan.

“Berfikirlah dua kali sebelum Anda menklik Like,” saran David Stillwell.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda