Scroll to Top

AMD APU Richland Resmi Diperkenalkan, Ini Fitur & Spesifikasinya

By Ditya / Published on Wednesday, 13 Mar 2013

AMD Richland APU

Kabar sebelumnya yang mengatakan bahwa AMD akan meluncurkan APU (Accelerated Processing Unit) generasi Richland pada tanggal 13 Maret ternyata benar. Produsen prosesor x86 terbesar kedua ini secara resmi memperkenalkan APU Richland dengan julukan Elite A-Series APU, berikut spesifikasi dan fitur yang ditawarkan.

AMD APU Richland ini hadir untuk menggantikan jajaran APU Trinity untuk notebook yang telah meluncur sebelumnya. AMD mengklaim bahwa performa grafis yang dihasilkan oleh APU Richland ini 50% lebih baik ketimpang kinerja grafis yang ditawarkan Intel Core i7.

Tak hanya itu, AMD juga menyediakan beberapa aplikasi yang cocok untuk digunakan di platform notebook, yakni AMD Gesture Control yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol berbagai aplikasi seperti media player atau browser cukup dengan melambaikan tangan di webcam. AMD juga menghadirkan teknologi facial recognition atau pengenalan wajah yang juga menggunakan webcam.

“Membangun tampilan layar sentuh yang besar bisa sangat mahal. Kami melihat roadmap gesture control yang menawarkan pengalaman seperti layar sentuh tanpa harus menyentuh layar,” kata Kevin Lensing, Director of Notebook Products AMD.

AMD APU Richland

AMD APU Richland pada awal peluncuran ini tersedia dalam 4 varian, varain tertinggi adalah A10-5750M yang mengusung prosesor quad-core dengan kecepatan 2,5GHz yang dipadukan dengan grafis Radeon HD 8650G yang ditenagai 384 stream prosesor.

Varian dibawahnya ada APU A8-5550M yang mengusung prosesor quad-core dengan kecepatan 2,1GHz yang dipadukan dengan grafis Radeon HD 8550G dengan 256 stream prosesor.

Seperti yang dilansir dari VR-Zone (13/03/2013), dua varian terbawah APU Richland adalah A6-5350M dan A4-5150M, keduanya mengusung prosesor dual-core dengan kecepatan 2,9GHz dan 2,7GHz. Keduanya ditandemkan dengan grafis yang berbeda, yakni Radeon HD 8450G dan 8350G. Penasaran? Simak video berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda