Scroll to Top

Apple A7 Prosesor Dibuat Oleh Samsung, TSMC & Intel

By Ditya / Published on Wednesday, 13 Mar 2013
Apple A6
Apple A6

Prosesor terbaru Apple, A7, kabarnya akan dibuat oleh tiga perusahaan, yakni Samsung, TSMC (Taiwan Semiconductor Manufacturing), dan Intel. Prosesor Apple A7 adalah prosesor generasi terbaru hasil rancangan Apple yang nantinya akan menjadi dapur pacu utama smartphone iPhone, tablet iPad, dan iPod Touch generasi terbaru.

Hal yang menarik dari prosesor Apple A7 ini adalah, siapa yang akan membuat atau memroduksinya? Mengingat Apple membuat kebijakan untuk mengurangi ketergantungan dari pemasok komponen utamanya, Samsung. Apple dikabarkan telah menggandeng TSMC dan Intel untuk memproduksi prosesor Apple A7.

Apple sendiri sebelumnya tak lagi menggunakan chip memori Samsung untuk beberapa produk terakhirnya. Apple juga telah menggandeng LG dan Sharp untuk turut memasok layar produk-produk terbaru Apple. Kini giliran prosesor yang mulai dikurangi ketergantungannya dengan Samsung.

Samsung tampaknya harus rela berbagi kue prosesor Apple A7 dengan TSMC dan Intel. Meski harus berbagi, Samsung dikabarkan masih mendominasi produksi Apple A7 dengan jatah produksi 50% dan disusul oleh TSMC sebesar 40%. Sedangkan Intel hanya mendapat jatah produksi prosesor Apple A7 10% saja.

Sayangnya, sampai saat ini spesifikasi prosesor Apple A7 ini masih misterius. Beberapa sumber menyebutkan bahwa Apple A7 menggunakan basis arsitektur ARM Cortex-A15 dan telah mendukung multi-core, karena selama ini prosesor Apple hanya berkutat di dual-core saja. Sayangnya, hal ini belum mendapat tanggapan dari pihak Apple.

Seperti yang dilansir dari Slashgear (12/03/2013), kemungkinan besar, smartphone terbaru Apple yang konon akan mengusung nama iPhone 5S akan ditenagai oleh prosesor Apple A7. Tak hanya itu, iPad Mini dan iPad 5 kemungkinan akan menggunakan prosesor dari keluarga Apple A7.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda