Scroll to Top

Timnas Indonesia: Luis Blanco Harus Belajar Bahasa Indonesia!

By Agus Prasetyo / Published on Wednesday, 13 Mar 2013

Masuknya Luis Manuel Blanco sebagai pelatih ternyata membawa dampak baru bagi komunikasi antara pemain, pelatih dan offisial yang menghuni skuad Timnas Indonesia.

Pasalnya Blanco yang juga tidak terlalu lihai berbahasa Inggris, menggunakan bahasa Argentina/Spanyol sebagai alat komunikasi dengan para pemain.

Namun pelatih yang menggantikan Nil Maizar itu mengaku sedang belajar bahasa Indonesia, untuk mempermudah komunikasi dengan anak asuhnya.

“Saya sedang mencoba belajar bahasa Indonesia. Saya belajar langsung dengan Fredy” ungkap Blanco, Senin (12/3/13).

Pelatih asal Argentina itu tidak ingin anak asuhnya sulit mencerna strategi dan taktik yang akan diterapkannya.

Memang Blanco sejauh ini hanya memakai bahasa Spanyol, ketika berkomunikasi dengan para pemain yang sudah bergabung di pemusatan latihan Timnas di Jakarta.

Selama ini untuk mengatasi masalah komunikasi, Blanco ditemani seorang penerjemah yang setia menemaninya yakni Felisianus Fredy.

Blanco sendiri mengaku sudah menerapkan beberapa kata yang dikuasainya ketika tengah memimpin latihan timnas.

Meski belum lancar berbahasa Indonesia, pelatih berusia 59 tahun itu berharap kendala bahasa tidak menjadi masalah utama bagi para pemainnya.

“Saya mencoba untuk mengatakan beberapa kalimat seperti lari, lihat, mundur, instruksi, keluar dan masuk kepada para pemain” jelas Blanco.

Namun ketika dimintai komentarnya salah satu punggawa Timnas, Tonni Cusell mengaku tidak terlalu memusingkan kendala bahasa tersebut.

Meski menjadi lebih sulit, Tonni Cusell tetap berusaha memahami instruksi pelatih dengan bantuan penerjemah.

 “Terkadang ketika mendengar satu kata, Anda mengerti. Apalagi penerjemah berbicara dalam bahasa Inggris juga (selain bahasa Indonesia). Sepak bola adalah satu bahasa, jadi aku tidak mempermasalahkannya” ungkap Tonni Cusell.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda