Scroll to Top

Jangan Lupa Jaga Kesehatan Ginjal

By C Novita / Published on Thursday, 14 Mar 2013

jaga kesehatan ginjal

Banyak orang yang peduli pada kesehatan jantung, namun lupa untuk menjaga kesehatan ginjal mereka. Misalnya, mereka banyak mengkonsumsi minuman dengan bahan pengawet, obat-obatan kimia, dan kebiasaan makan yang tak sehat lainnya.

Padahal fungsi ginjal pun tak bisa dipandang remeh bagi tubuh manusia. Ia adalah filter yang bertugas menyaring racun dan membuang hal tak berguna dari dalam tubuh. Ginjal memegang peran penting dalam sistem metabolisme manusia.

Ginjal yang sakit pun biasanya akan merembet dan membawa komplikasi untuk penyakit kardiovaskuler, diabetes dan pengeroposan tulang.

Faktanya, ginjal yang sakit umumnya baru terdeteksi dan dirasakan efeknya pada tubuh penderita saat kondisinya telah parah, atau stadium 4 dan 5. Pada stadium awal penderita jarang menyadari bahwa ginjal mereka sedang bermasalah.

Padahal pengobatan untuk penyakit ginjal biasanya memakan biaya tak sedikit. Apalagi jika kasusnya adalah gagal ginjal. Dimana penderitanya harus melakukan cuci darah terus menerus selama sisa hidup mereka.

Dikatakan oleh Dharmeizar, Ketua Perhimpunan Nefrologi Indonesia, bahwa penyakit ginjal dibagi menjadi 2 tipe. Dikutip dari Metrotvnews, berikut penjelasannya;

“Penyakit ginjal yang dapat disembuhkan misalnya batu ginjal, jika faktor pencetusnya sudah dihilangkan maka fungsi ginjal akan normal kembali. Sedangkan penyakit ginjal yang tidak dapat disembuhkan seperti penyakit ginjal kronis, fungsi ginjal sudah tidak dapat normal kembali,” ulasnya.

Karena itu, menjaga kesehatan ginjal tak dapat diremehkan urgensinya. Anda bisa memulai dengan gaya hidup sehat, menjauhi makanan dan minuman yang banyak mengandung pengawet, serta minum air putih dengan jumlah ideal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda