Scroll to Top

Berlian Terbesar di Dunia, Intip Penampilannya

By C Novita / Published on Thursday, 14 Mar 2013

berlian terbesar

Sebuah berlian yang ukurannya terbesar di dunia hingga saat ini, akan memasuki rumah lelang dan diperkirakan laku hingga US$ 20 juta atau Rp. 192 milyar. Menurut para ahli perhiasan, berlian yang berbentuk buah pir itu termasuk dalam segelintir berlian yang warnanya sempurna serta memiliki kejernihan yang tinggi.

Berlian ini memiliki kadar 101,73 karat, dan sangat jarang ditemukan sebuah berlian dengan kadar karat yang lebih dari 100 karat, ungkap petugas di rumah lelang Christie.

Batu permata ini ditemukan pada sebuah tambang berlian di Botswana yang bernama Jwaneng, dan menghabiskan waktu hingga 21 bulan untuk memolesnya hingga berbentuk cantik seperti saat ini.

Rumah lelang Christie akan melelangnya pada tanggal 15 Mei mendatang, di cabang mereka pada Hotel Four Seasons des Bergues di Jenewa.

Sebenarnya, indah atau tidaknya sebuah berlian tergantung pada ketrampilan dan visi pemotong atau pengrajinnya. Sebab saat ditemukan sebuah berlian adalah batu yang berbentuk kasar.

Rahul Kadakia, kepala bagian perhiasan di Christie Swiss dan Amerika menegaskan bahwa, seorang pengrajin yang mumpuni sajalah yang mampu mengungkap sisi keindahan sebuah batu berlian.

Saat ini, berlian dengan bentuk buah pir terbesar yang ada adalah milik kerajaan Inggris, dan menghiasi mahkota kerajaan. Berbeda dengan berlian ini, berlian tersebut memiliki warna merah muda, dan bernama Cullinan I, memiliki 530 karat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda