Scroll to Top

Klub Liga Spanyol, Rajanya Liga Champions

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 14 Mar 2013

Klub Liga Spanyol, Rajanya Liga Champions

Liga Spanyol meletakkan tiga wakilnya di perempat final Liga Champions musim 2012-2013. Selain Barcelona dan Real Madrid yang memang superior, ada Malaga, muka baru di kompetisi terbaik antara klub Eropa ini. Jumlah tersebut, adalah yang terbanyak di antara peserta lain: Liga Jerman (2), Liga Italia, Prancis, dan Turki (masing-masing 1).

Apa yang didapatkan para wakil La Liga ini, kontras dengan yang diterima mereka di leg pertama. Ketika itu, bahkan sempat ada pendapat, wakil Liga Spanyol akan terhempas habis sebelum perempat final. Maklum, di leg pertama, cuma Real Madrid yang meraih hasil imbang. Itupun terjadi di Santiago Bernabeu kala bersua Manchester United (1-1).

Selebihnya, tiga klub lain: Barcelona, Valencia, dan Malaga tumbang. Yang paling ‘menyedihkan’ kala itu adalah Barca yang keok 2-0 di San Siro. Malaga, malah yang paling tidak diharapkan. Dengan status klub yang ‘kurang bersejarah’, kemungkinan mereka akan lenyap di tangan Porto.

Namun, yang terjadi sebaliknya. Hanya Valencia yang gagal lolos setelah cuma bermain imbang 1-1 dengan tuan rumah PSG. Barcelona secara spektakuler menumbangkan Milan 4-0. Madrid mengalahkan United di kandang lawan. Dan Malaga, membuat Porto terluka oleh agregat 2-1.

Klub Liga Spanyol, Rajanya Liga Champions 2

Adanya tiga wakil Liga Spanyol di perempat final Liga Champions, terakhir terjadi tepat pada 10 musim lalu. Ketika itu, Barcelona, Real Madrid, dan Valencia berangkat ke 8 besar musim 2002-2003.

Sepanjang sejarah Liga Champions, tercatat hingga sebelum musim ini, sudah empat kali ada tiga wakil Liga Spanyol di Liga Champions (lihat tabel). Prestasi terbaik dari pola ini, terjadi pada musim 1999-2000 ketika dua wakil La Liga berhadapan di partai puncak: Real Madrid sang tim legenda dengan Valencia yang merupakan tim kuda hitam musim tersebut. Kala itu, El Real menang 3-0 dan membalikkan semua ramalan.

Musim Wakil Juara Finalis
1999/2000 Real Madrid, Barcelona, Valencia Real Madrid Valencia
2000/2001 Valencia, Real Madrid, La Coruna Bayern Munchen Valencia
2001/2002 Barcelona, Real Madrid, La Coruna Real Madrid Leverkusen
2002/2003 Real Madrid, Barcelona, Valencia Milan Juventus

Namun, prestasi terburuk terjadi pada musim 2002-2003. Meskipun ada tiga wakil di perempat final, ketiganya terdepak sebelum partai puncak. Barcelona dan Valencia tersungkur di perempat final. Sementara, Real Madrid yang sendirian dikepung tim-tim asal Liga Italia, tumbang oleh Juventus di empat besar.

Tidak ada jaminan, tim dengan wakil lebih banyak, akan memenangi Liga Champions. Dan kini, tiga jago La Liga, akan menati undian pada Jumat mendatang. Apakah Barca-Madrid akan kembali saling sikut di sini? Apakah Malaga mampu berangkat lebih jauh daripada babak 8 besar?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda