Scroll to Top

Google Reader Resmi Ditutup Per 1 Juli 2013

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 14 Mar 2013

Google Reader

Secara mengejutkan per 1 Juli 2013 nanti Google akan menutup layanan Google Reader. Produk Google ini cukup populer sejatinya. Menarik ditelusuri apa alasan Google menerapkan kebijakan demikian.

Ada dua alasan utama mengapa Google Reader harus pensiun. Pertama, penggunanya terus menurun. Kedua, Google ingin berkonsentrasi dengan jumlah produk yang lebih sedikit. Intinya mereka ingin fokus ke layanan yang ‘pasti-pasti’ saja.

“Kami mengerti jika Reader miliki pengguna setia yang akan kecewa dengan ini, namun kami tak kalah kecewa pula,” tulis Google di Google Reader Blog.

Google Reader diluncurkan pada tahun 2005 lalu. Pengguna bisa menelusuri pelbagai konten menarik di internet secara mudah dan cepat. Google Reader bahkan menjadi salah satu RSS reader favorit di internet.

Tak hanya petaka bagi pengguna, pensiunnya Google Reader juga jadi momok bagi aplikasi pihak ketiga. Sebut saja FeedDemon, NetNewsWire, Reeder, dan Pulp. Beberapa aplikasi ini sycn dengan reader Google tersebut.

Google memersilakan penguna untuk menyelamatkan data Reader yang ada selama tiga bulan. Pengguna bisa lakukan proses transisi dengan gunakan Google Takeout di tautan berikut.

Lantas apa solusi alternatif setelah Google Reader tiada? Salah satu layanan reader populer yang tak kalah keren yakni Feedly. Hadir di Chrome, Firefiox, dan beberapa aplikasi mobile. Intip kemampuan Feedly di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda