Scroll to Top

Tampilkan Banner Foto Pada Profil Twitter Anda

By Aisyah Indarsari / Published on Sunday, 28 Aug 2011

Jika yang lalu Sidomi News memberikan tips bagaimana membuat banner foto pada profil Google+ Anda, kali ini penulis ingin berbagi tips cara menampilkan banner foto pada photo gallery di halaman profil Twitter Anda.

Seperti yang Anda ketahui, sejak awal Juni lalu pengguna Twitter sudah bisa melakukan sharing foto langsung pada timeline tweet nya. Walaupun masih berupa link, tetap saja hal ini cukup membantu jika dibandingkan harus menggunakan aplikasi tambahan seperti TwitPic dan lain sebagainya.

Dan kemudian, Twitter menambahkan fitur berupa tampilan galeri foto yang muncul pada halaman profil akun Twitter Anda. Sehingga foto-foto terbaru yang Anda sharing dapat muncul dalam deretan 4 space “recent images”, yang selalu tampil saat siapa saja membuka profil Anda.

Tips kali ini adalah bagaimana memanfaatkan fitur recent images tersebut untuk menampilkan banner foto Anda, agar tampilan profil akun Anda tampak menarik. Sebelum memulai langkah-langkahnya, sebaiknya Anda mempersiapkan dulu beberapa hal berikut:

  1. Tidak diketahui ukuran dimensi pixel dari foto yang bisa di sharing di Twitter. Akan tetapi, seperti yang penulis sudah lakukan, size gambar/foto yang ingin Anda jadikan banner bisa tampil dengan optimal jika menggunakan foto berukuran 600×150 pixel (Jika Anda mempunyai foto dengan ukuran yang lebih kecil/besar, Anda selalu dapat mengeditnya menjadi berukuran 600×150 pixel dengan menggunakan berbagai aplikasi photo editing seperti Microsoft Office Picture Manager, dan sebagainya).
  2. Setelah Anda menemukan foto yang sesuai berukuran 600×150 pixel tersebut, potong menjadi 4 bagian, yaitu masing-masing berukuran 150×150 pixel (Tampilan profil page akun Twitter Anda memang hanya akan menampilkan 4 foto terbaru yang Anda share, jadi, pastikan foto tersebut terpotong menjadi 4 bagian sama besar). Tidak perlu repot-repot memotongnya secara manual, Anda dapat menggunakan program PhotoScape yang dapat Anda download disini.

Jika bahannya sudah disiapkan, Anda dapat menggunakan langkah-langkah berikut ini:

1. Share keempat foto tersebut di tweet Anda dengan cara biasa, seperti berikut:

2. Pastikan Anda men-share nya dengan urutan terbalik, yaitu gambar paling ujung kanan terlebih dahulu, baru kemudian terakhir yang paling kiri.

3. Jika sudah, beberapa saat kemudian tampilan profil Anda pun akan tampak banner foto-foto tersebut pada fitur recent images nya, seperti gambar berikut:

Catatan: Jika suatu saat Anda menambakan share foto-foto yang lain, harap diperhatikan bahwa urutan banner foto Anda akan berubah hingga akhirnya tergantikan update sharing foto terbaru Anda.

Nah, cukup mudah bukan? Silahkan berkreasi dengan foto-foto Anda. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda