Scroll to Top

10 Penemuan yang Mengubah Dunia

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 14 Mar 2013

Internet

Teknologi memermudah, memercepat, menyingkat waktu, pekerjaan serta produktifitas kerja. Berikut 10 penemuan yang mengubah dunia, seperti dikutip dari HowStuffWoks Kamis (14/03/13).

10. Bajak (pertanian)

Tidak ada data resmi siapa yang menemukan alat ini. Konon berkembang di daerah agraris. Sebelum hadir, manusia hanya mengandalkan berburu dan meramu. Mereka tak mengenal bercocok-tanam. Seiiring berjalannya waktu, muncullah alat ini yang memacu roda perekonomian masyarakat terutama di sektor pertanian.

9. Roda

Tak bisa dibayangkan jika tak diketemukan roda. Benda bulat ini ditemukan di alat apa saja sejak zaman dulu hingga sekarang. Konon ditemukan pertama kali di dekat Lujbljana, Slovenia pada 3.100 SM.

8. Mesin cetak

Memang era sekarang lebih gemar ke ranah digital. Namun keberadaan mesin cetak telah mengubah dunia secara global. China mengenalnya pada abad ke-11. Marco Polo membawa ide ini ke Eropa pada tahun 1295. Percetakan memungkinkan banyak sekali informasi yang terekam dan disebarkan ke seluruh dunia.

7. Kulkas

Menurut situs HowStuffWorks temuan ini salah satu yang penting. Didesain pada tahun 1805 kemudian disempurnakan pada 1876. Puluhan penemu bahkan Albert Einstein turut meningkatkan desain lemari es selaman beberapa dekade. Kulkas mengubah industri makanan dan kebiasaan kuliner orang di seluruh dunia.

6. Komunikasi

Tak terpisah jarak dan waktu serta inovasi yang berkecambah. Mulai surat menyurat (pos), telegram, telepon, radio, televisi, internet, dan lainnya. Entah penemuan apa lagi yang hadir dari ranah komunikasi yang bisa memudahkan umat manusia.

5. Mesin uap

Tak hanya berdampak pada kemajuan industri kala itu, penemuan mesin uap miliki implikasi luas bagi seluruh dunia di pelbagai sektor. Di mulai dari Revolusi Industri (Inggris) hingga ke daerah-daerah koloni. Ketika merebak di negara-negara lain, dampaknya sangat nyata di bidang teknologi. Kereta (api) misalnya.

4. Otomotif

Jika mesin uap memobilisasi industri, maka otomotif memobilisasi orang (transportasi). Perpindahan warga dari satu daerah ke daerah lain bisa lebih cepat dan mudah. Tak lagi dibatasi waktu maupun kapasitas. Orang bisa dengan bebas bergerak kemana pun ia inginkan.

3. Lampu pijar

Tak bisa dibayangkan bilamana tak ditemukan inovasi ini. Dunia akan gelap gulita meski tetap miliki api. Thomas Edison bekerja keras mewujudkan dunia terang benderang tak terselimuti kegelapan. Lampu pijar bisa bekerja karena adanya listrik. Nah mengapa listrik tak masuk list ini?

2. Komputer

Komputer ada dimana-mana. Sekolah, rumah sakit, kantor, universitas, restoran, café, pesawat, dan lainnya. Ada sebuah perumpamaan yang berbunyi, “Jika ingin mudah mencari pekerjaan kelak, studilah di jurusan komputer, sebab benda ini ada dimanapun Anda bernafas!”. Tak perlu diperdebatkan bagaimana hebatnya komputer mengubah dunia.

1. Internet

Terakhir dan yang paling utama adalah internet. Teknologi ini mengubah segalanya. Apa saja dengan internet bisa lebih mudah, cepat, dan ‘aman’. Contoh kecil saja, ingin belanja kini tak harus pergi ke pasar. Cukup sekali klik di toko online. Jarak puluhan ribu kilometer pun bisa dipangkas komunikasinya via internet: Skype dan Hangout misalnya. Internet miliki sejuta manfaat namun teknologi ini juga tak miskin mudarat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda