Scroll to Top

Microsoft Diam-diam Temukan Cacat Keamanan Di Produk Apple & Google

By Moch Ridwan / Published on Sunday, 28 Aug 2011

Para peneliti di Microsoft diam-diam menemukan serta membantu memperbaiki kekurangan keamanan di produk yang dibuat oleh vendor ketiga, dua diantaranya adalah produk Apple dan Google. Temuan ini dikemukakan oleh divisi peneliti bidang keamanan, MSVR (Microsoft Security Vulnerability Research).

Bulan ini saja tim peneliti MSVR menemukan kerentanan keamanan yang terdapat di WordPress dan browser Safari yang ada di Apple. Juli kemarin mereka juga menemukan kekurangan pada perangkat lunak pada Google Picasa dan Facebook, namun demikian mereka menginformasikan bahwa ‘security hole’ tersebut telah diperbaiki.

Salah satu hasil penemuan pihak Microsoft itu yang paling terkenal terjadi di tahun 2009 dimana mereka menemukan cacat pada Frame Google Chrome,namun demikian tetap saja tim peneliti ini tidak bgitu terkenal
hingga saat ini walau mereka menemukan ratusan cacat dalam berbagai software yang dikeluarkan oleh pihak ketiga.

Sampai dengan Juli tahun lalu, Microsoft mengatakan bahwa tim MSVR telah mengidentifikasi dan bertanggung jawab terhadap penutupan 109 software

sehubungan dengan isu keamanan peragkat lunak. Bahkan lebih dari 93% nya berada pada tingkat kritis dan penting untuk ditinjau ulang. “97% Vendor telah merespon dan melakukan koordinasi dengan kami, 29 persennya telah terselesaikan. Kini dikabarkan sudah tidak ditemukan kerentanan pada software yang telah di update,” demikian penjelasan yang diberikan oleh situs resmi Microsoft.

Dalam Minggu ini saja MSVR telah menemukan:

  • Kerentanan yang terdapat di Safari terkait penanganan beberapa konten. Hacker bisa saja menyerang browser tersebut melalui lubang cacing ini yang dapat menyebabkan terbukanya informasi personal yang sangat penting.
  • Kecacatan yang terdapat di dalam WordPress sehubungan dengan penulisan silang script dan validasi konten. Seorang hacker bisa saja menggunakan celah ini untuk mengeksekusi script.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda