Scroll to Top

Makanan Ini Menyebabkan Masalah Gas di Perut

By C Novita / Published on Friday, 15 Mar 2013

makanan penyebab gas

Masalah lambung seperti kembung, adalah sesuatu yang umum diderita oleh semua orang.  Penyebabnya bisa dari makanan, atau kebiasaan tertentu yang dilakukan. Cara mengunyah makanan juga bisa menyebabkan masalah kembung atau banyaknya gas dalam perut.

Makanan yang mengandung banyak pati, serat, serta gula biasanya memicu timbulnya gas di dalam pencernaan. Ini cukup menggangu, apalagi bila perut kembung terjadi berkepanjangan dan tak juga dapat dikeluarkan.

Untuk Anda yang kerap mengalami masalah pencernaan seperti kembung atau banyaknya gas dalam organ pencernaan, maka sebaiknya memperhatikan asupan makanan berikut ini. Makanan ini dapat memicu timbulnya gas dalam perut, atau memicu kembung.

  • Apel. Walaupun apel baik untuk kesehatan, namun ia mengandung pektin (sejenis karbohidrat) yang dapat memicu timbulnya gas dalam perut.
  • Kubis. Kubis adalah jenis sayuran yang sebaiknya Anda jauhi bila Anda menderita penyakit pencernaan. Ia memperlambat pencernaan, memicu gas dalam lambung, dan membuat mulas.
  • Kacang-kacangan. Kacang hijau, kacang tanah, dan jenis kacang lainnya kebanyakan mengandung raffinose yang menyebabkan kembung. Namun untuk wanita hamil, konsumsi kacang perlu. Untuk mengurangi efek kembungnya, rendam kacang selama 8 jam, lalu diolah menjadi hidangan kesukaan Anda.
  • Gorengan dan minuman soda. Minuman soda biasanya mengandung karbonasi, yang menyebabkan kembung. Makanan yang digoreng dengan minyak akan menyulitkan proses pencernaan dan memicu kembung.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda