Scroll to Top

Aaron Swartz Terima Penghargaan Kebebasan Informasi

By Ibnu Azis / Published on Friday, 15 Mar 2013

Aaron Swartz

Masih ingat dengan Aaron Swartz, aktivis internet yang tewas bunur diri awal tahun ini akan diganjar sebuah penghargaan tentang kebebasan informasi. Dikabarkan CNET News Jumat (15/03/13), award ini digagas oleh American Library Association.

Jika sesuai rencana, Aaron Swartz akan menerima James Madison Award pada Jumat ini waktu AS. Aktivis yang mengantung dirinya sendiri ini – tersandera 13 kasus pencurian dokumen – dianggap memerjuangkan kebebasan informasi publik.

“Berjuang melindungi akses publik terhadap informasi serta hak publik untuk mengetahui informasi nasional,” aku American Library Association.

Salah satu anggota kongres dari Parta Demokrat yang mewakili Silicon Valley akan memberikan penghargaan ini pada perwakilan keluarga selama prosesi upacara di Newseum Knight Conference Center di Washington DC.

Aaron Swartz ditangkap pada bulan Juli 2011 lalu atas dakwaan pencurian 4 juta dokumen dari MIT (Massachusetts Institute of Technology) dan Jstor, serta sejumlah jurnal ilmiah dan makalah akademis. Ia dituntut penjara lebih dari 50 tahun dan denda USD 4 juta.

Jaksa pembela Aaron Swartz mengritik proses hukum yang ada dan menuduh FBI tidak berlaku adil atas perlakuan yang diterima lelaki 26 tahun tersebut. Bahkan pihak keluarga menyebut kematian anaknya sebagai produk sistem peradilan pidana yang penuh intimidasi dan melampaui batas penuntutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda