Scroll to Top

Apakah Kulit Makin Terlindungi Jika SPF Makin Tinggi?

By C Novita / Published on Friday, 15 Mar 2013

spf tabir surya

Produk kosmetik banyak yang menambahkan SPF (sun protection filter) sebagai perlindungan bagi kulit terhadap radiasi sinar UV. Tentu hal tersebut dimaksudkan sebagai nilai tambah bagi produk mereka sebab dilengkapi dengan tabir surya.

Ada yang bertuliskan SPF 15, SPF 24, SPF 30 dan lainnya. Kebanyakan orang awam mengira bahwa semakin tinggi SPF yang dikandung kosmetik tersebut, maka kulit akan semakin terlindungi.

Padahal faktanya tak demikian. Dalam Cleveland Clinic Journal of Medicine dikatakan bahwa tingginya SPF tak berarti kulit akan makin terlindungi dari sinar UV.

Faktanya, SPF 15 melindungi kulit dari sinar UV sebanyak 94%. Sedangkan efek yang didapat jika seseorang memakai SPF 30 tak beda jauh, yaitu kulit mereka akan terfilter sebanyak 97% dari bahaya sinar UV.

Jadi sebenarnya pemilihan SPF tergantung pada berapa lama aktifitas yang Anda lakukan di udara terbuka. Jika normal seperti jalan-jalan, kerja, dan berolahraga yang tak sampai memakan waktu berjam-jam, maka SPF 15 saja sudah cukup.

Namun bila Anda lebih banyak beraktifitas di bawah sinar matahari, maka SPF 30 memang dibutuhkan. Misalnya saat Anda berjemur di pantai, banyak melakukan aktifitas yang berhubungan dengan air, atau pekerjaan semisal polisi lalu lintas.

Melindungi kulit dari bahaya sinar UV memang diperlukan sebagai pencegahan terjadinya penuaan dini dan juga kanker kulit. Jadi, pilihlah kosmetik yang paling cocok untuk aktifitas Anda sehari-hari, juga tingkat SPF-nya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda