Scroll to Top

Apple Mengajukan Paten Aplikasi Yang Bisa Mempelajari Suara Manusia

By Ivan Azzam / Published on Monday, 29 Aug 2011

Setelah Apple, dimana baru-baru ini perusahaan tersebut mengajukan paten teknologi yang membuat layar bebas dari bekas sidik jari, kini Apple mengajukan paten mirip dimana anda bahkan tak perlu menyentuh layar sama sekali.

Aplikasi tersebut dinamai Apple sebagai User Profiling for Voice Input Processing, yang disebutkan bahwa aplikasi tersebut bisa mengidentifikasi suara anda dan paham perintah-perintah yang rumit/tertentu. Misalkan, ingin menelepon teman, atau membuat playlist, sebut saja maka aplikasi tersebut akan mengerjakannya. Perintah yang mungkin akan menjadi perintah utama adalah: play, call, search.

Ketertarikan Apple pada teknologi pengenalan suara bukan hal baru. Pada APril 2010, Apple membeli Siri, sebuah perusahaan kecil yang membuat aplikasi yang membolehkan pengguna mengoperasikan iPhone dengan perintah suara. Apple berharap bisa mengintegrasikan teknologi tersebut ke iOS 5 nanti.

Penulis dari CNET, Josh Lowensohn menyebutkan bahwa teknologi suara dari Siri tersebut bisa mendengar perintah suara pengguna untuk melakukan panggilan telepon misalnya, dan membuat playlist. Maka dari itu, Apple berusaha meningkatkan teknologi tersebut.

Pesaing Apple yang juga sama-sama besar yaitu Microsoft juga tertarik pada teknologi pengenalan suara semacam ini, dimana diterapkan pada Windows Phone 7 ataupun Voice Control di Android, oleh Google. (via CNET)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda