Scroll to Top

Nvidia: Kami Tak Berminat Jadi Pemasok Komponen PS 4

By Ditya / Published on Friday, 15 Mar 2013

DualShock 4

Nvidia, raksasa grafis pembesut produk karu grafis GeForce ini mengklaim bahwa pihaknya sengaja melewatkan kesepakatan penyediaan komponen pada konsol Sony PS 4. Kubu hijau ini mengatakan bahwa hal tersebut sebagai “biaya kesempatan” yang membuatnya tak berminat untuk menjadi pemasok komponen konsol PS 4.

Seperti yang kita ketahui, Nvidia adalah pemasok komponen grafis RSX bagi konsol PS 3. Pada konsol PS 4, Nvidia tampaknya memang sengaja melewatkan negosiasi mengenai bisnis konsol PS 4. Hal ini dimanfaatkan oleh pesaing Nvidia, AMD untuk menjadi pemasok komponen CPU dan grafis bagi konsol PS 4.

“Tentu ada negosiasi yang berlangsung, dan kami sampai pada kesimpulan bahwa kami tidak ingin melakukan bisnis dengan harga yang ditawarkan orang. Setelah melalui Xbox generasi pertama dan PS3, kita memahami ekonomi [pengembangan konsol] dan pengorbanan,” kata Tony Tamasi, eksekutif Nvidia.

Tony Tamasi menambahkan bahwa saat ini Nvidia sedang membangun banyak hal dan memaksa perusahaan untuk melihat jauh ke depan dan memandang bahwa bisnis konsol tersebut kurang menarik dan hanya dianggap sebagai “biaya kesempatan”.

Tak hanya konsol Sony PS 4, konsol terbaru besutan Microsoft yang akan menjadi pesaing berat PS 4 dikabarkan juga dipasok oleh AMD untuk komponen CPU dan grafis. Bahkan, menurut beberapa sumber yang beredar di internet, spesifikasi Xbox 720 ini tak jauh beda dibanding konsol PS 4.

Konsol PS 4 sendiri ditenagai oleh APU (Accelerated Processing Unit) AMD yang didalamnya dikemas prosesor AMD Jaguar 8-core yang dipadukan dengan grafis AMD Radeon yang mengusung 1152 stream prosesor yang diklaim mampu menghasilkan kemampuan komputasi hingga 1,84 TFLOPS.

Seperti yang dilansir dari TG Daily (14/03/2013), meski menyatakan tak berminat lagi untuk menjadi pemasok komponen konsol, Nvidia masih tetap menawarkan teknologi PhsyX dan Apex untuk konsol PS 4 tersebut untuk menghasilkan pengalaman gaming yang luar biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda