Scroll to Top

Tangga Darurat Unik, Didesain Menyerupai Papan Luncur

By Ibnu Azis / Published on Friday, 15 Mar 2013

Tangga Darurat Unik

Bayangkan, turun dari bangunan lima lantai hanya dalam waktu 14 detik saja. Sebuah tangga darurat unik gagasan Zhou Miaorong, didesain menyerupai papan luncur. Tangga untuk evakuasi darurat ini sedang diujicoba di Shanghai, China.

Jika Anda pernah berkunjung ke Water Boom dan mencoba salah satu papan luncur yang ada, mungkin penampakannya serupa. Sekilas tangga darurat ini menyerupai wahana bermain.

Tangga Darurat 2
Zhou Miaorong

Dibuat dari bahan stainless steel tangga ini melekat di tangga manual. Papan luncur tersebut mengikuti lekuk alur tangga yang ada. Hanya dengan meluncur dan berpegangan, Anda bisa turun dari lantai 5 bangunan kurang dari 15 detik saja.

Zhou Miaorong berfikir bagaimana proses evakuasi yang tidak memakan waktu. Prosesnya cepat, aman, dan tidak membuat orang panik. Saat ini ia sedang mengajukan paten ‘High Rise Rapid Evacuation Slide’ ke World Intellectual Property Organization.

Tangga Darurat 3

Zhou Miaorong menklaim tangga luncurnya aman, mudah, ekonomis, dan bisa diimplementasikan ke bangunan baru atau lama. Meski masih sekadar purwarupa, Zhou Miaorong yakin karyanya ini bisa berguna bagi proses evakuasi darurat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda