Scroll to Top

Samsung Galaxy S4 vs Galaxy S3, Peningkatan Spesifikasi & Fitur Signifikan

By Ditya / Published on Friday, 15 Mar 2013
Galaxy S4 vs Galaxy S3
Galaxy S4 vs Galaxy S3

Samsung baru saja merilis smartphone Galaxy S4 di New York City dan diperkirakan mulai memasuki pasar pada bulan April 2013 mendatang. Lalu apa saja kelebihan Samsung Galaxy S4 ini jika dibandingkan dengan pendahulunya, Galaxy S3? Samsung Galaxy S4 ini menawarkan peningkatan fitur dan spesifikasi yang signifikan, berikut penjabarannya.

Layar

Samsung Galaxy S3 mengusung layar berukuran 4,8 inci berteknologi Super AMOLED dengan resolusi HD 720p atau 1280 x 720 piksel dengan kerapatan layar mencapai 306 ppi (pixel per inch) yang dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 2.

Sedangkan Galaxy S4 menggunakan layar Super AMOLED berukuran lebih besar, yakni 4,99 inci dengan resolusi full high definition (FHD) 1920 x 1080 piksel dengan kerapatan layar mencapai 441 ppi (pixel per inch) yang dilindungi oleh Gorilla Glass 3.

Dapur Pacu

Samsung Galaxy S3 ditenagai oleh chipset Samsung Exynos 4412 dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A9 dengan kecepatan 1GHz yang dipadukan dengan grafis dari Mali 400MP. Varian lain ditenagai oleh Snapdragon dual-core dengan kecepatan 1,5GHz. Kedua varian ini didukung dengan memori RAM sebesar 1GB.

Peningkatan signifikan terjadi di Galaxy S4 yang ditenagai Qualcomm Snapdragon 600 quad-core Krait 300 dengan kecepatan 1,9GHz yang dipadukan dengan grafis dari Adreno 320 dan  Samsung Exynos 5410 Octa 8-core dengan kecepatan 1,6GHz dengan grafis dari PowerVR SGX. Keduanya dibekali dengan memori RAM sebesar 2GB.

Fitur & Sistem Operasi

Samsung Galaxy S3 awalnya datang dengan sistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich yang kemudian mendapat update ke Android 4.1.2 Jelly Bean. Melalui Galaxy S3, Samsung memperkenalkan fitur baru sebagai jawaban untuk Apple Siri, yakni S Voice.

Samsung Galaxy S4 mengusung sistem operasi Android 4.2.2 Jelly Bean dengan menghadirkan peningkatan fitur yang signifikan. Fitur baru pada Galaxy S4 ini memanfaatkan teknologi eye tracking dan floating touch, sebut saja Smart Scroll, Smart Pause, Air Gesture, dan Air Browse. Fitur lain dari Galaxy S4 telah dijabarkan oleh Sidomi, klik tautan ini dan ini.

Kamera, Baterai & Konektivitas

Samsung Galaxy S3 mengusung kamera depan dengan resolusi 1,9 megapiksel dan kamera belakang dengan resolusi 8 megapiksel autofokus lengkap dengan LED flash dan kemampuan untuk merekam video HD. Samsung Galaxy S3 ini telah mendukung konektivitas Bluetooth, WiFi, NFC dan dibekali baterai berkapasitas 2100mAh.

Samsung membekali Galaxy S4 ini dengan dua kamera, kamera belakang dengan resolusi 13 megapiksel yang memiliki kemampuan untuk merekam video HD 1080p dan kamera depan dengan resolusi 2,1 megapiksel. Samsung Galaxy S4 ini telah mendukung konektivitas Bluetooth, WiFi, NFC, LTE dan dibekali baterai berkapasitas 2600mAh.

Seperti yang dilansir dari Slashgear (14/03/2013), Samsung Galaxy S4 ini juga menawarkan bodi yang lebih tipis dan ringan. Penasaran? Simak video perbandingan berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda