Scroll to Top

Chelsea, Tottenham, Atau Newcastle Ciptakan All-England Final di Europa League 2013?

By Wan Faizal / Published on Friday, 15 Mar 2013

Inter 4-1 Spurs

Kegagalan klub-klub Liga Inggris mencapai perempat final Liga Champions 2012-2013 seakan terbayar oleh performa kompatriot mereka yang berjuang di Europa League 2012-2103. Bahkan, peluang terciptanya All-England Final di turnamen kasta kedua Eropa itu bisa terwujud setelah Chelsea, Tottenham Hotspur, dan Newcastle United tak saling bertemu di babak perempat final ini.

Yap, fakta itu setidaknya menjadi satu senyuman bagi Premier League. Kans untuk meraih prestasi di ajang Eropa masih tetap terjaga. Bicara peluang, ketiga tim Inggris itu tetaplah berpeluang untuk kembali melaju.

Chelsea memang akan menghadapi perlawanan sulit dari Rubin Kazan. Jika mereka bisa mengatasi hawa dingin Rusia kala melakoni laga away, peluang Chelsea untuk melaju ke semifinal terbuka lebar. Apalagi mereka punya catatan statistik apik saat melawan klub Rusia, yakni menang empat kali dari empat pertemuan dengan rincian dua laga home dan dua laga away.

Chelsea 3-1 Steaua
Chelsea 3-1 Steaua

Tottenham juga diperkirakan tak sulit mengatasi perlawanan FC Basel. Asal, Spurs tak mengulangi kesalahan saat bertandang ke Inter Milan kemarin. Klub asal Swiss itu punya pengalaman buruk di perempat final ajang ini atas klub dari Inggris. Pada 2005-2006 silam, mereka disingkirkan oleh Middlesbrough yang akhirnya melenggang ke final.

Newcastle? Hasil drawing mempertemukan mereka dengan klub kuat asal Portugal, Benfica. Bisa dibilang, The Magpies mengalami nasib sial ketimbang dua rekannya tersebut. Namun kesempatan ini bisa dimanfaatkan Papiss Cisse dkk untuk membalas kiprah mereka di perempat final UEFA Cup 2004-2005 lalu saat mereka disingkirkan wakil Portugal lain, Sporting Lisbon.

“Undian yang bagus buat kami. Estadio Da Luz adalah tempat yang menakjubkan, saya pernah kesana. Kami akan bermain sebagai tuan rumah di pertemuan kedua dan itu memberi kami keuntungan. Saya yakin fans akan memadati St. James Park!” ucap Alan Pardew, manajer Newcastle.

Newcastle 1-0 Anzhi
Newcastle 1-0 Anzhi

Uniknya, ketiga klub wakil Premier League itu ternyata sebelumnya tidak pernah bertemu dengan lawan masing-masing. Dengan kata lain, pertandingan nanti akan menjadi pengalaman pertama melawan Rubin Kazan, FC Basel, dan Benfica.

Undian babak semifinal masih akan dilangsungkan 12 April mendatang. Akankah terwujud All-England Final di kesempatan kali ini? We’ll see.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda