Scroll to Top

Bos Google akan Kunjungi Myanmar, Kampanyekan Kebebasan Internet?

By Ditya / Published on Saturday, 16 Mar 2013
Eric Schmidt
Eric Schmidt

Setelah mengunjungi Korea Utara, Eric Schmidt yang merupakan salah satu bos Google ini akan berlanjut dengan mengunjungi Myanmar. Kunjungan Eric Schmidt ke negara yang dulunya disebut Burma ini konon akan membawa misi kampanye kebebasan internet, sebuah misi yang sama ketika mengunjungi Korea Utara.

Seperti yang kita ketahui, Myanmar memang tak jauh beda dari Korea Utara, yakni beraliran komunis dan tertutup. Myanmar saat ini dikuasai oleh pemerintahan junta militer yang akhir-akhir ini dikabarkan berminat untuk mengembangkan senjata nuklir.

Meski demikian, Myanmar akhir-akhir ini juga dikabarkan akan menuju era reformasi politik yang akan mengantarkan negara tersebut keluar dari belenggu isolasi. Kesempatan ini tak disia-siakan oleh bos Google untuk mengunjungi negara tersebut dan mengampanyekan kebebasan internet.

Berdasarkan informasi dari Reuters, Eric Schmidt dijadwalkan akan bertemu dengan para pejabat pemerintah dan pengusaha Myanmar pada tanggal 22 Maret 2013 mendatang dengan agenda membahas kebebasan internet dan akses informasi di Myanmar.

Eric Schmidt sendiri yang telah mengunjungi Korea Utara juga telah melontarkan pujian terhadap keputusan Korea Utara untuk membuka isolasi dan akses informasi secara bertahap. Selama ini isolasi yang diterapkan oleh Korea Utara ini telah memperburuk citranya di mata dunia dan menghambat pertumbuhan ekonomi negara tersebut.

“Situasi membaik di Burma, di mana militer telah mengiizinkan pembebasan jurnalis, blogger, dan blokir dari situs-situs berita, tetapi alat legislatif dan teknis untuk mengendalikan dan memantau Internet belum dibongkar,” kata jurnalis Without Borders.

Seperti yang dilansir dari CNET (15/03/2013), keadaan Myanmar yang telah membaik ini akan menjadi kesempatan Google melalui kunjungan Eric Schmidt untuk mengampanyekan kebebasan akses informasi dan internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda