Scroll to Top

Tertawa Baik Untuk Kesehatan Tubuh

By C Novita / Published on Saturday, 16 Mar 2013

manfaat tertawa

Tertawa ternyata baik bagi kesehatan tubuh Anda, dan bisa menjadi ‘obat’ bagi hampir semua penyakit. Ingin tahu bagaimana hal tersebut terjadi? Situs Womenshealthsa melansirnya seperti berikut ini:

  • Otak. Pada saat Anda mendengar sebuah lelucon, maka otomatis otak Anda akan bekerja dan berfikir cepat. Demikian juga fungsi otot tubuh serta emosi. Hasilnya, ledakan tertawa akan mempengaruhi otot sekitar mata dan pipi. Batang otak  juga terpicu, lalu fungsi paru-paru dan pernafasan turut bereaksi.
  • Paru-paru. Saat Anda tertawa, diafragma mengencangkan otot dada dan memaksa udara keluar dari paru-paru Anda. Lalu menuju tenggorokan, dan meniup atas laring. Pita suara bergetar dan memancarkan suara lepas haha. Ini membantu menyehatkan paru-paru.
  • Jantung. Saat udara tiba-tiba mendesak keluar dari paru-paru karena tertawa, maka kebutuhan oksigen mendesak membuat denyut jantung menjadi cepat. Tekanan darah pun memompa dan membantu tubuh mendapat pasokan oksigen segar dengan segera. Ini baik untuk sel tubuh memenuhi kebutuhan oksigen.
  • Otot. Saat Anda tertawa, maka otot wajah dan inti tubuh menegang. Ini membuat otot di bagian tubuh lain melemah dan kurang terkoordinasi. Karenanya, saat tertawa kalori tubuh Anda banyak yang terbakar dan baik untuk program diet.
  • Senang. Saat tertawa, hormon endorfin dalam tubuh terlepas. Ini adalah hormon bahagia yang memicu stres hilang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda