Scroll to Top

Jangan Sajikan Minuman Ini dengan Air Panas

By C Novita / Published on Saturday, 16 Mar 2013

seduh teh hijau

Ada kebiasaan dalam masyarakat tentang cara menyeduh beberapa jenis minuman, yaitu dengan air yang baru saja mendidih. Padahal cara ini belum tentu baik dan sebaiknya tak dilakukan, sebab bisa menghilangkan kandungan manfaat dari minuman tersebut.

Dilansir oleh kompas, dr. Samuel Oetoro yang merupakan salah satu penulis buku Smart Eating ini mengungkap beberapa macam minuman yang sebaiknya tak diseduh dengan air panas yang baru mendidih.

  • Teh hijau

Ada batas suhu air panas yang sebaiknya tak digunakan untuk menyeduh teh hijau, yaitu diatas 70 derajat celsius. Mengapa? Sebab zat epigallotechin gallate yang merupakan jenis antioksidan pada teh hijau bisa rusak. Demikian pula dengan teh celup, yang sebaiknya tak dicelupkan lebih dari 3 kali agar zat pengawet pada kantungnya tak larut.

  • Jeruk

Air jeruk hangat sangat nikmat dikonsumsi saat musim hujan. Manfaatnya untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh didapat dari kandungan vitamin C yang tinggi. Namun sebaiknya hindari menggunakan air dengan suhu panas sebab vitamin C nya bisa rusak. Pakai saja air dengan suhu dibawah 50 derajat atau air dengan suhu normal.

  • Susu

Susu bubuk sebaiknya tak disajikan dengan suhu di atas 80 derajat. Protein jenis tertentu yang ada dalam susu bubuk tersebut dapat rusak bila terkena air mendidih.  Gunakan saja air hangat dan segera habiskan bila sudah diseduh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda