Scroll to Top

Hambatan Indonesia Jadi Kiblat Fesyen Dunia

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 31 Aug 2011

Indonesia digadang akan menjadi salah satu negara yang berpotensi besar menjadi kiblat fesyen muslim internasional. Apalagi, ambisi ini didukung oleh desainer busana muslim lokal yang mumpuni di bidangnya. Eka Shanty, direktur Indonesia Islamic Fashion Fair (IIFF), mengatakan, kreasi  desainer Indonesia unggul dalam menuangkan ide dibanding Turki, Iran, Arab Saudi, Mesir, Malaysia, Filipina, dan Thailand.

Namun, Eka menggarisbawahi, untuk melangkah menjadi kiblat fesyen muslim dunia, Indonesia masih memiliki kekurangan yang harus segera diselesaikan. Misalnya, sampai saat ini belum ada standar baku dalam kualitas produk, termasuk urusan kain, potongan, dan fitting. Hal tersebut yang berkaitan langsung dengan kenyamanan saat dikenakan. Desainer Indonesia sendiri masih sering mengimpor bahan dari luar negeri.

Begitu juga soal permodalan. Belum banyak perbankan, terutama bank syariah, yang melirik ke bisnis mode. Industri mode sebenarnya memiliki kans besar sebagai bisnis yang menjanjikan. “Padahal ketika industri fesyen naik, menjadi keniscayaan bagi perbankan syariah untuk berkembang,” kata Eka.

Meski pemerintah sudah menyatakan dukungannya, namun langkah nyatanya belum terlalu tampak. Misalnya, pada Ramadhan tahun ini, kata Eka, seharusnya butik bisa dijadikan promosi detinasi belanja yang menarik.

“Kita ingin acara seperti IIFF ini bisa sebesar Jakarta Great Sale karena sepanjang Ramadan, kita belum punya acara,” ujar Eka.

Terakhir, dukungan terhadap fesyen ini juga seharusnya muncul dari para peraga busana. Mereka juga diharapkan bisa konsisten terhadap ruh mode busana yang dibawakannya. “Kalau sekarang, banyak setelah show, mereka keluar pakai celana pendek. Kami ingin ada konsistensi,” kata Eka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda