Scroll to Top

Cara Kreatif Menggunakan Circle Google Plus

By Erni Dwi / Published on Tuesday, 30 Aug 2011

circles googleCircle merupakan salah satu fitur andalan yang disediakan Google+ untuk melakukan pengelompokan pengguna lain dalam akun anda.

Fitur ini juga telah menjadi salah satu ciri khas  yang membedakan Google+  dengan social network lainnya.

Namun jika anda hanya mengira bahwa fitur circle yang disediakan pada Google+ hanya memberikan kemudahan bagi anda untuk memilah-milah koneksi dan sharing informasi anda dengan pengguna Google+ lainnya.

Mungkin anda bisa mencoba cara kreatif berikut untuk menggunakan fitur circle untuk kepentingan yang lebih beragam.

Berikut cara kreatif menggunakan circle pada Google+ :

  1. Anda bisa membuat “inboxcircle. Dimana pada circle ini anda dapat mengkategorikan pengguna-pengguna lain di Google+. Kreasi ini sama seperti halnya fungsi dasar dari circle itu sendiri yakni  mengelompokan orang, misalkan berdasarkan teman, keluarga, atau relasi dan sebagainya. Anda bisa membuat kreasi circle pada tipe ini tergantung pada bagaimana anda ingin mengelola filter koneksitas anda dengan pengguna yang lain. Jika anda tidak memerlukan adanya pemfilteran anda cukup membuat satu circleinbox” saja.
  2. Anda bisa membuat circle “Read Later“. Kreasi circle ini memberikan warna lain dari fungsi circle selain pada fungsi dasarnya berupa pemfilteran pengguna lain pada Google+. Pada kreasi tipe circle ini anda dapat mengelompokan posting-posting yang biasanya berisi link atau dalam posting yang cukup panjang. Maka dengan mengklasifikasikan posting (anda atau orang lain) pada circle ini memudahkan anda untuk membacanya kemudian di saat anda memiliki waktu lebih luang.
  3. Hampir sama dengan kreasi circle sebelumnya, anda juga bisa membuat circleDraft“. Pernahlah anda memiliki ide untuk memposting sesuatu namun anda masih belum ingin mempostingnya pada saat itu juga? Yap, kini jika anda membuat circle dengan tipe ini anda dapat membuat draft posting menyimpannya pada circle Draft, dan kapanpun anda siap anda dapat mempostingnya dan membaginya untuk circle yang lain.
  4. Pernahkah anda tidak cukup waktu untuk membaca posting pada google+ dan ingin membacanya ulang pada waktu yang lain, atau untuk sekedar menyimpannya jika anda membutuhkan sewaktu-waktu? Maka anda bisa membuat “Bookmarkcircle. Tipe kreasi circle ini memang hampir sama dengan Read Later tadi, dengan circle tipe bookmark ini anda dapat mengklasifikasikan posting yang ingin anda simpan sebagai bookmark, seperti halnya mirip kegunaan bookmark pada web browser.

Menarik bukan untuk berkreasi dengan kegunaan lain dari circle di Google+? Selamat mencoba dan berkreasi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda