Scroll to Top

Timnas Indonesia Berpolemik, Luis Manuel Blanco Menuai Kritik

By Aditya / Published on Saturday, 16 Mar 2013

Luis Manuel Blanco

Belum berlaga di laga resmi, Timnas Indonesia sudah dilanda polemik. Arsitek baru tim Garuda, Luis Manuel Blanco, disebut-sebut sebagai pemicu kericuhan di pelatnas timnas karena telah mencoret sejumlah pemain yang baru datang. Pelatih asal Argentina itu pun langsung menuai kritik dari sejumlah kalangan.

Adalah Andi Darussalam yang menjadi salah satu orang yang menyoroti kebijakan Luis Manuel Blanco. Mantan pengurus PSSI ini menilai bahwa pelatih pilihan Djohar Arifin Husin itu belum mengenal karakter pemain Indonesia yang sangat beragam, juga kondisi Indonesia secara keseluruhan.

“Sebelum memanggil pelatih, manajemen BTN seharusnya lebih dulu memanggil manajer dan pelatih klub untuk berdiskusi tentang pemain-pemain yang akan dipanggil. Di situ, akan banyak informasi mulai dari karakter, kondisi fisik, serta kelebihan dan kekurangan pemain,” beber Andi Darussalam.

“Pelatih dan manajemen Timnas, dalam hal ini BTN, seharusnya tahu jika para pemain baru saja menjalani kompetisi ketat bertanding dua kali seminggu. Belum lagi, perjalanan ke Jakarta. Sudah seharusnya, ada jeda waktu untuk istirahat. Melihat kondisi ini, saya khawatir kedatangan Blanco yang diharapkan bisa memperbaiki prestasi sepakbola Indonesia justru akan merusak,” ujarnya pesimis.

Wakil Ketua BTN, Harbiansyah Hanafiah, juga langsung bersuara terkait polemik timnas. Ia bahkan meragukan kualitas Luis Manuel Blanco sebagai pelatih timnas.

“Saya ragu Blanco itu pelatih atau bukan. Masa ada pemain yang baru menjalani pertandingan beberapa hari sebelumnya sudah digenjot latihan fisik. Saya akan pertimbangkan masa depan Blanco di timnas,” tandasnya.

Kritikan juga datang dari pelatih Persipura, Jacksen F. Thiago. Menurut pelatih asal Brasil ini, Luis Manuel Blanco belum memahami kesulitan yang dialami para pemain yang datang dari berbagai daerah di Indonesia yang wilayahnya sangat luas.

“Seandainya coach Blanco diberikan jadwal kompetisi ISL dan sebuah peta negara Indonesia, pasti beliau akan lebih sabar dalam ambil keputusan,” tukas pelatih Persipura yang 7 pemainnya urung membela Timnas Indonesia gara-gara keputusan Luis Manuel Blanco ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda