Scroll to Top

Borussia Dortmund vs Freiburg 5-1: Hasil Liga Jerman

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 16 Mar 2013

Borussia Dortmund vs Freiburg 5-1

Borussia Dortmund bangkit dari kekalahan menyakitkan atas Schalke 04 pekan lalu, dengan menggasak Freiburg. Tampil di Signal Iduna Park pada Sabtu, 16 Maret 2013 pukul 21.30 WIB, Robert Lewandowski dkk. menciptakan hasil pertandingan Borussia Dortmund vs Freiburg skor 5-1. Selain Lewandowski yang menyumbang 2 gol, Nuri Sahin (2 gol) dan Leonardo Bittencourt turut mencetak skor Dortmund vs Freiburg. Hasil Liga Jerman ini memantapkan posisi BVB di peringkat kedua klasemen sementara.

Lebih dari 24 jam setelah memastikan akan bersua dengan Malaga di perempat final Liga Champion, Borussia Dortmund berusaha merampungkan musim mereka di Bundesliga dengan cara lebih baik. Meski tertinggal 20 poin dari pemuncak klasemen sementara Bayern Munchen, bukan berarti Juergen Klopp tak serius menghadapi Freiburg, peringkat delapan klasemen sementara. Diturunkannya para pemain terbaik, dan diberinya kesempatan kepada Nuri Sahin untuk kembali bersinar setelah redup di Real Madrid dan Liverpool.

Perjalanan Dortmund tak semenyenangkan yang diperkirakan. Menit 28, Roman Weidenfeller harus menyaksikan gawangnya terbobol oleh Jonathan Schmidt. Sayap kanan Freiburg ini menyelesaikan umpan cantik Max Kruse yang sebelumnya mendapatkan bola dari Julian Schuster. Gol yang wajar karena Freiburg lebih menggigit dalam periode ini.

BVB tidak mau menyerah begitu saja di kandang. Sementara, Freiburg seperti menjadi pendosa karena menyiakan kesempatan memperlebar jarak pada menit-menit sebelumnya. Maka, yang terlihat adalah tiga gol balasan yang bersarang ke gawang tim tamu dalam rentang lima menit sejak menit 40.

Robert Lewandowski mencetak dua dari tiga gol tersebut. Yang pertama via sundulan menyambut umpan Nuri Sahin. Yang kedua, dari jarak 10 yard. Di antara gol penyerang Polandia, ada sebiji gol yang dibukukan oleh Sahin untuk membuktikan kebangkitannya di hadapan lebih dari 80000 pencinta BVB.

Borussia-Dortmund-vs-Freiburg-5-1-3

Tak ingin mengulangi kejadian di babak pertama, Dortmund tampil lebih sigap sepanjang paruh kedua. Mereka tak mengenal lelah dalam memberi tekanan kepada siapa pun para pemain Freiburg yang membawa bola. Alhasil ball possessions mutlak di tangan kubu Signal Iduna Park.

Gol tambahan tinggal menungu waktu. Dan hal itu terjadi di menit 72. Nuri Sahin menjadi pencetaknya. Memanfaatkan umpan silang Kuba yang membentur salah satu pemain belakang Freiburg, gelandang Turki melepaskan tembakan voli yang tak bia dibendung oleh Oliver Baumann.

Pemain pengganti Leonardo Bittencourt tak mau kalah. Hanya berselang semenit setelah masuk, ia menuntaskan kerja Robert Lewandowski yang menusuk dengan cara luar biasa dari sisi kanan pertahanan lawan. Bittencourt hanya tinggal memasukkan bola ke gawang yang kosong.

Skor akhir 5-1, dan betapa pertandingan berubah dalam waktu cepat. Freiburg yang sempat unggul segalanya, harus menyaksikan lima gol bersalang untuk membuat keadaan berbalik arah dengan telak.

Dortmund (4-2-3-1): Weidenfeller; Piszczek, Subotic, Santana, Schmelzer; Gündogan, Sahin; Blaszczykowski (Kevin Großkreutz ’76), Götze (Leonardo Bittencourt ’77), Reus (Julian Schieber ’81); Lewandowski.

Freiburg (4-5-1): Baumann; Krmas, Ginter, Günter, Sorg (Mensur Mujdza ’79); Schuster (Fallou Diagne ’71), Flum; Schmid, D. Caligiuri (Karim Guédé ’81), Terrazzino; Kruse.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda