Scroll to Top

Anak Adiktif Facebook, Ini Plus Minusnya

By Ibnu Azis / Published on Sunday, 17 Mar 2013

Facebook Anak

Anak adiktif Facebook seringkali menjadi momok bagi orangtua. Namun sejatinya aktivitas ini tak hanya miliki efek negatif tapi juga efek positif. Dan berikut diantaranya.

Dampak positif

Setidaknya ada empat nilai plus dari adiktif Facebook. Ini terkait dengan proses komunikasi dan kompetensi. Selengkapnya sebagai berikut.

  1. Anak bisa menjalin komunikasi tanpa batas. Apabila digunakan dengan benar maka bisa meningkatkan rasa percaya diri mereka.
  2. Facebook serupa dengan rumah mereka kedua. Di rumah barunya ini, anak-anak bisa mengekspresikan apa yang diminati dan menunjukkan jati diri mereka.
  3. Tanpa disadari Facebook mengedukasi ketrampilan anak soal internet (web). Ini bisa melatih mereka bagaimana beraktivitas di dunia maya.
  4. Tak jarang di Facebook anak-anak berbalas komentar atau menulis status tentang PR mereka di sekolah. Ini bisa dijadikan media baru dalam mengerjakan pekerjaan rumah.

Dampak negatif

Adiktif Facebook untuk nilai minusnya terkait dengan dua hal, sikap serta perbuatan. Patut diingat jika Facebook salah satu situs terbesar di dunia dan gerbang dunia maya.

  1. Seiring dengan Facebook yang jadi rumah kedua mereka, anak-anak dikhawatirkan akan terbiasa dengan rumah barunya itu. Seperti aksi bullying, saling ejek,mengolok-olok, dan kasar.
  2. Salah satu pemicu anak tertarik bermain internet adalah Facebook. Ini jadi celaka jika anak tidak dikontrol secara serius. Facebook adalah pintu masuk yang lebih luas ke dunia maya yang liar. Khawatirnya mereka salah dalam menggali informasi atau coba-coba mengakses situs-situs yang dianggap menarik.
  3. Tak hanya di dunia nyata, di Facebook pun banyak orang tak bener. Penipu, penjahat, kriminal, juga beredar di jejaring sosial tersebut. Jika anak salah berteman dengan mereka, bisa menimbulkan dampak serius.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda