Scroll to Top

KLB PSSI Usai Digelar, KPSI Resmi Bubar!

By Aditya / Published on Sunday, 17 Mar 2013

pssi lengkap

Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI akhirnya selesai dilaksanakan. Salah satu keputusan penting dalam KLB yang dihelat di Hotel Borobudur, Jakarta, pada 17 Maret 2013 tersebut adalah pembubaran KPSI secara resmi. Dengan demikian, kini hanya ada satu induk organisasi sepakbola di Indonesia, yaitu PSSI yang dipimpin oleh Djohar Arifin Husin.

KPSI dibentuk oleh 4 anggota Exco PSSI yang telah dipecat karena berseberangan paham dengan para pengurus PSSI lainnya, yaitu La Nyalla Mattalitti, Robertho Rouw, Tony Aprilani, dan Erwin Dwi Budiawan.

Kemunculan KPSI, yang kemudian juga menyatakan sebagai PSSI dari hasil KLB di Ancol, Jakarta, menyebabkan terjadinya berbagai masalah di persepakbolaan nasional, dari dualisme kepengurusan, dualisme kompetisi, dualisme klub, bahkan hingga dualisme Timnas Indonesia.

Nah, setelah La Nyalla Mattalitti dan kawan-kawan bersedia rujuk dengan Djohar Arifin Husin, hingga terjalin kesepakatan digelarnya KLB PSSI pada tanggal 17 Maret 2013 untuk menghindarkan Indonesia dari sanksi FIFA, maka KPSI pun secara resmi telah dibubarkan.

“Kepada masyarakat Indonesia, saya umumkan melalui media, bahwa federasi sepakbola di Indonesia hanya satu, PSSI. Tidak ada yang lain,” tandas Djohar Arifin Husin, Minggu (17/3/2013).

La Nyalla Mattalitti pun menegaskan pembubaran KPSI dengan sejumlah catatan yang akan ditindaklanjuti setelah pelaksanaan KLB PSSI.

“Dengan jiwa besar, saya menyatakan bahwa KPSI saya bubarkan, dengan catatan, Komite Etik akan kita susun kembali di Rapat Exco, Komite Banding, Komite Wasit kita susun kembali di rapat Exco,” kata La Nyalla Mattalitti.

”Dengan disaksikan anggota KPSI, dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, saya bubarkan KPSI hari ini juga!” lanjutnya disambut lega oleh Menpora Roy Suryo yang juga hadir dalam KLB ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda