Scroll to Top

KLB PSSI, Ini Hasil Tentang Penyatuan Kompetisi

By Aditya / Published on Monday, 18 Mar 2013

klb pssi 2013

KLB PSSI yang telah digelar pada tanggal 17 Maret 2013 kemarin di Hotel Borobudur Jakarta telah menghasilkan sejumlah keputusan penting, salah satunya adalah kesepakatan mengenai penyatuan kompetisi yang baru akan dijalankan pada tahun 2014 mendatang. Seperti diketahui, saat ini di Indonesia ada dua kompetisi yang sama-sama bergulir, yaitu Indonesia Premier League (IPL) dan Indonesia Super League (ISL).

Melalui KLB PSSI, diputuskan nama kompetisi yang akan digelar tahun 2014 mendatang adalah tetap ISL, sedangkan pesertanya terdiri dari 18 klub ISL ditambah 4 klub dari IPL. Selain itu, pengelola kompetisi dipercayakan kepada PT Liga Indonesia yang selama ini mengelola ISL.

Adapun beberapa poin penting yang dipaparkan PT Liga Indonesia mengenai penyatuan kompertisi dalam KLB PSSI antara lain:

  1. Unifikasi liga akan dimulai pada tahun 2014, sementara pada tahun 2013 Indonesian Super League (ISL) dan Indonesian Premier League (IPL) masih akan berjalan sendiri-sendiri.
  2. Peserta kasta teratas liga profesional pada tahun 2014 berasal dari 18 klub ISL dan empat klub IPL.
  3. Pada tahun 2014 dan 2015 akan diberlakukan sistem dua promosi-empat degradasi, sehingga pada tahun 2016 hanya akan ada 18 klub peserta kasta teratas liga profesional. Mulai tahun 2016 dan seterusnya, akan diberlakukan sistem tiga promosi-tiga degradasi.
  4. Nama liga tetap Indonesian Super League.
  5. Pengelola liga tetap PT Liga Indonesia.
  6. Liga Super dan Divisi Utama adalah liga profesional, sementara divisi di bawahnya adalah liga amatir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda