Scroll to Top

Telkom akan Ekspansi ke Malaysia

By Ditya / Published on Monday, 18 Mar 2013

Telkom WiFi

Setelah melakukan ekspansi ke Timor Leste menggunakan bendera Telin, Telkom berniat melanjutkan ekspansi bisnisnya ke Malaysia. Selain Malaysia, Telkom juga telah bersiap untuk melakukan ekspansi ke negara lainnya, sebut saja Singapura, Australia, Macau, Arab, dan Hong Kong.

Telin (Telkom Internasional) merupakan anak perusahaan Telkom yang telah menjadi bendera Telkom untuk ekspansi bisnis telekomunikasi internasional. Telin mengusung visi ‘To become the world new digital hub’ dan mengusung misi ‘Membangun jasa dan sarana telekomunikasi’.

Telin di Malaysia nantinya tak akan membangun jaringan telekomunikasi sendiri, malainkan menyewa jaringan dari operator Malaysia yang sudah ada. Pola seperti ini sering disebut dengan MVNO (Mobile Virtual Network Operator) dan beberapa operator di Amerika juga ada yang menerapkan pola seperti ini.

Hal ini berbeda dengan Telin di Timor Leste yang membangun dan menggunakan jaringan sendiri dan pola seperti ini populer dengan sebutan MNO (Mobile Network Operator). Pola seperti ini banyak diterapkan oleh sebagian operator Tanah Air.

Kabarnya, Telin akan melakukan soft launch di Malaysia pada bulan Agustus 2013 mendatang. Sayangnya, tak diketahui operator Malaysia mana yang digandeng oleh Telin sebagai penyedia jaringan.

Tahun 2013 ini, Telkom melalui Telin menargetkan ekspansi ke 10 negara dan yang kini tengah berjalan adalah Singapura, Australia, Hong Kong, dan Timor Leste. Telkom Australia tidak akan langsung menggebrak dengan menyelenggarakan jasa seluler. Hanya sebatas sebagai penyedia jasaoutsourcing contact center, menurut Presiden Direktur Telin, Syarif Syarial Ahmad.

Seperti yang dilansir dari Detik (18/03/2013), Telkom saat ini tengah rajin melakukan ekspansi bisnis ke beberapa negara, bukan tidak mungkin kelak Telkom akan mampu bersaing dengan operator kelas kakap seperti Vodafone.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda