Scroll to Top

WhatsApp akan Hadirkan Game, Gandeng Pengembang Game Asal Korea

By Ditya / Published on Monday, 18 Mar 2013

whatsapp

WhatsApp yang merupakan salah satu aplikasi instant messaging populer di dunia ini kabarnya akan menghadirkan game dengan menggandeng pengembang game asal Korea, WeMade. Hal ini dilakukan WhatsApp sebagai langkah untuk bersaing dengan Line yang telah menghadirkan game di aplikasinya.

Aplikasi WhatsApp ini merupakan aplikasi chatting yang cukup populer, bahkan ia sempat dikabarkan menjadi target akuisisi oleh Facebook. Menghadapi persaingan dengan aplikasi serupa yang mulai bermunculan, WhatsApp dikabarkan menggandeng pengembang game asal Korea-Amerika, WeMade, untuk menghadirkan game di WhatsApp.

Sayangnya, baik WhatsApp maupun WeMade belum memberikan pernyataan resmi terkait kehadiran game di platform WhatsApp. Namun, keduanya dikabarkan telah menandatangani nota kesepahaman atau MoU. Hal inilah yang menimbulkan spekulasi bahwa WhatsApp akan segera menghadirkan game.

Langkah yang dilakukan WhatsApp ini dilakukan mengingat pesaingnya, Line, telah menghadirkan game. Game Line Pop ini tampaknya cukup menarik perhatian pengguna, hal ini terlihat dari jumalh download yang mencapai 1 juta pada hari pertama rilis dan diperkirakan mampu membukukan pendapatan hingga USD $1 juta pada 12 hari pertama game tersebut dirilis.

Tentu hal ini membuat WhatsApp menjadi tergoda untuk menghadirkan game seperti yang dilakukan Line. Popularitas aplikasi WhatsApp yang sering merajai di iTunes App Store atau Google Play menjadi modal yang cukup untuk mendukung langkahnya di dunia game.

Seperti yang dilansir dari TheNextWeb (17/03/2013), pesaing WhatsApp lainnya, Kakao Talk yang berasal dari Korea, mampu mencapai 82 juta download dengan 23 juta pengguna unik, serta mampu menghasilkan pendapatan mencapai USD $52,6 juta untuk Kakao Games.

Lalu, apakah WhatsApp telah yakin dengan keputusannya untuk menghadirkan game? Kita lihat saja perkembangan selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda