Scroll to Top

Catatan Manual Intruksi Pendaratan ke Bulan 1969 oleh Buzz Aldrin Dilelang

By Ibnu Azis / Published on Monday, 18 Mar 2013

Buzz Aldrin

Intruksi yang digunakan untuk pendaratan ke Bulan pertama akan dilelang. Catatan manual ini ditulis oleh Buzz Aldrin dan digunakan Neil Armstrong saat mengemudikan Lunar Module Eangle menuju ke Bulan tahun 1969.

Catatan ini termasuk detik demi detik penuh sejarah tatkala mereka mendekati permukaan bulan. Dalam catatan tersebut juga terkuak jika kata-kata pertama yang diucapkan di permukaan Bulan adalah ‘Contact Light’.

Kata-kata itu diucapkan Buzz Aldrin merujuk jika ‘kendaraan’ mereka berhasil menyentuh permukaan bulan. Catatan itu juga termasuk pedoman bagaimana mereka meninggalkan bulan.

Niat Buzz Aldrin menjual catatan berharganya ini setelah hukum tahun lalu yang mengizinkan astronot Apollo untuk memertahankan kepemilikan secara hukum barang-barang miliki mereka.

Dikutip dari Telegraph Senin (18/03/13), diperkirakan catatan ini bernilai 60.000 pound atau sekitar Rp 873 juta.

“Pada sekitar 500 meter di atas permukaan bulan, Neil Armstrong lakukan perintah secara manual untuk menerbangkan Eagle ke permukaan bulan dengan dukungan komputer. Dia memerlambat laju keturunannya hanya beberapa meter per detik dan mempelajari daerah sekitarnya. Neil bertanya tentang status bahan bakar kami dan saya menunjukkan hanya delapan persen yang tersisa,” salah satu kutipan di catatan intruksi pendaratan Bulan oleh Buzz Aldrin.

Lembaran-lembaran ini akan dilelang di rumah lelang Bonhams di New York pada tanggal 25 Maret mendatang. Matthew Haley sejarawan luar angkasa mengatakan jika dokumen tersebut setara dengan logbook Christoper Columbus.

“Itu mungkin sangat menarik bagi institusi, namun sayangnya pasar sangat didominasi oleh kolektor pribadi,”ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda