Scroll to Top

Kesehatan Gigi Penting Dijaga dengan Tips Sederhana Ini

By C Novita / Published on Monday, 18 Mar 2013

menjaga kesehatan gigi

Kesehatan gigi tidak sekedar memiliki senyum menarik, namun meliputi juga kesehatan mulut secara menyeluruh. Menjaga kesehatan gigi tak hanya dengan cara menyikat gigi saja, namun ada beberapa langkah lain yang harus dilakukan.

Apa saja langkah sederhana dalam menjaga kesehatan gigi? Boldsky melansirnya seperti berikut ini

  • Sikat 2 kali sehari

Syarat pertama gigi yang sehat tentu adalah kebersihan. Menggosok gigi sebaiknya dilakukan 2 kali sehari. Pagi hari untuk menjaga higienitas, sedangkan malam hari adalah untuk membersihkan. Gunakan sikat gigi lembut agar kesehatan mulut terjaga. Usahakan untuk berkumur seusai makan agar sisa makanan dapat terbuang.

  • Teknik menyikat

Gunakan cara atau teknik menyikat yang benar, seperti gerakan bolak-balik, atas bawah, dan jangan lupa menyikat bagian dalam dan permukaan geraham Anda. Ganti sikat gigi Anda secara teratur, 3-4 bulan sekali.

  • Bersihkan lidah

Jangan lupa untuk membersihkan lidah Anda. Bisa gunakan sikat gigi juga, sebab jika menggunakan pembersih khusus lidah kadang malah menyebabkan berdarah.

  • Jangan terlalu banyak fluoride

Jangan terlalu banyak menggunakan pasta gigi atau obat kumur yang mengandung fluoride. Terlalu banyak fluoride dapat menyebabkan bintik putih pada gigi.

  • Makanan bergizi

Makan makanan yang mengandung serat seperti buah dan sayur bisa mengurangi radang gusi. Minum susu akan memperkuat gigi. Jangan banyak makan makanan yang mengandung gula, sebab gula akan diurai oleh bakteri dalam mulut menjadi asam yang mengikis enamel gigi.

  • Berhenti merokok

Rokok akan menyebabkan gigi menjadi berwarna kuning, menginfeksi gusi, dan menyebabkan bau nafas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda