Scroll to Top

Proteksi Instagram, FB Akuisisi Domain Instachecker

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 19 Mar 2013

Facebook

Facebook dikabarkan tengah mengakuisisi domain Instachecker (Instachecker.com). Langkah ini ditempuh guna melindungi layanan situs berbagi foto miliknya, Instagram.

Akuisisi ini dilakukan via MarkMonitor, sebuah perusahaan internet brand-protection. Tatkala mencoba dibuka, situs Instachecker.com tidak dapat diakses.

Menurut laporan Fusible yang dilansir dari AllFacebook Selasa (19/03/13), domain Instachecker.com sejatinya baru saja online bulan Mei 2012 lalu. Untuk penggunaannya sendiri tidak banyak diketahui.

Spekulasi yang muncul Facebook lakukan langkah ini guna memroteksi Instagram. Meski tujuan Instachecker.com belum diketahui, ini sebagai langkah sigap pengamanan FB atas anak asuhnya.

Jika menelisik lebih jauh, sejatinya domain-domain yang beredar di internet yang menyerupai Instagram jumlahnya tidak sedikit. Selain Instachecker.com masih ada Instachecker.org. Tapi Facebook belum bertindak untuk itu.

Facebook miliki penuh Instagram pada tahun lalu dengan pinangan sebesar USD 1 miliar dalam berupa uang tunai dan saham. Akibat saham yang terus melorot setelah IPO, ditaksir nilai akuisisi turun hingga di angka USD 750 juta.

Mark Zuckerberg selalu berkata jika ia hanya ‘membeli’ sosok dibalik produk yang diakuisisi. Namun fakta berkata lain di lapangan.

Instagram telah berubah. Tak lagi fokus di mobile namun gencar pula di web. Situs Instargram versi web hadir. Tak lama kemudian situs tersebut muncul fitur news feed ala Facebook.

Bahkan salah satu petingi Facebook pernah berujar jika kemungkinan besar di tahun ini Instagram akan dijejali iklan. Kebijakan ini sah-sah saja mengingat Facebook harus memutar otak agar modal akuisisinya kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda