Scroll to Top

Pemerintah Bakal Tarik Pungli Perusahaan Internet Asing di Indonesia

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 19 Mar 2013

Google Inc

Jika sesuai dengan rencana, pemerintah akan menarik ‘pungli’ pada perusahaan internet asing yang beroperasi di Indonesia. Ini terkait dengan biaya bagi pemasok (vendor) asing pengguna layanan Over The Top (OTT).

Perusahaan seperti Facebook, Google, Skype, Twitter, Youtube, atau Blackberry kemungkinan menjadi sasaran. Pasalnya perusahaan-perusahaan tersebut miliki keuntungan besar atas penggunaan layanan data pelanggan. Malahan keuntungan mereka jauh lebih besar dibandingkan pemasukan operator telekomunikasi.

Dalam merealisasikannya, pemerintah akan lakukan aturan pembatasan dalam pelaksanaan OTT. Aturan ini akan melibatkan dua industri terkait, operator penyedia jaringan dan vendor asing.

Jika vendor asing enggan mematuhi, mereka dipersilakan angkat kaki dari bumi pertiwi. Setidaknya mereka harus mematuhi beberapa hal. Seperti aturan transaksi penggunaan layanan, kewajiban membangun server dalam negeri, dan pembagian keuntungan atau profit sharing.

Kemkominfo dan BRTI saat ini sedang mengkaji rencana aturan tersebut. Namun keduanya belum jelas menyatakan kapan kajian ini akan selesai dan aturan bisa segera diberlakukan.

XL Axiata salah satu operator selular dalam negeri mendukung kebijakan ini. Operator selalu dirugikan atas banyaknya akses internet ke vendor asing yang tak miliki server dalam negeri.

“Operator harus mengakses jaringan yang jauh ke luar negeri,” ujar Hasnul Suhaimi, Presiden Direktur PT XL Axiata Tbk, seperti dikutip dari Kontan Selasa (19/03/13).

Sementara itu Komisioner BRTI menilai wajar jika pemerintah laukan kebijakan ini. Dana bersih yang dikirimkan operator Indonesia ke vendor asing mencapai Rp 25 triliun per tahun. Di lain pihak nilai kerjasama keduanya tidak jelas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda