Scroll to Top

Foto Facebook Efektif Hilangkan Bad Moods

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 19 Mar 2013

Laptop Facebook

Jika Anda sedang miliki suasana hati yang buruk, sangat dianjurkan melihat foto-foto diri yang ada di Facebook. Menurut studi terbaru, foto Facebook efektif untuk menghilangkan bad moods.

Dr Alice Good dari Universitas Portsmouth mengemukakan jika hampir 90% pengguna melihat tulisan (update status) dan 75% pengguna melihat foto mereka sendiri di Facebook. Pengguna lakukan hal itu ketika suasana hati mereka tak begitu baik.

Menurutnya ini seperti sebuah tindakan untuk ‘menenangkan diri’. Facebook seperti miliki khasiat untuk mengubah suasana hati pengguna dan sangat mujarab bagi mereka yang miliki kerentanan terhadap perasaan.

Namun apa yang dikatakan Dr Alice Good sangat bertentangan dengan penelitian sebelumnya. Dari 144 responden yang disurvei, terungkap data jika pengguna sering gunakan Facebook hanya untuk bernostalgia.

Dikutip dari Telegraph Selasa (19/03/13), melihat status dan foto-foto di FB memang membuat mereka nyaman dan bahagia. Namun tindakan ini sangat buruk bagi kesehatan mental. Mereka dinilai tak mampu untuk move on.

“Hasil penelitian menunjukkan kita bisa menenangkan diri dan sebagai bentuk pengobatan bagi suasana hati yang rendah. Meski ini hanyalah sebuah penelitian kecil, kami akan pergi ke kelompok yang lebih besar,” ujar Dr Alice Good.

Sementara itu Dr Clare Wilson yang juga dari Universitas Portsmouth mengemukakan jika Facebook bukan hanya sebuah sarana komunikasi antar pengguna, namun juga komunikasi dengan diri kita sendiri di masa lalu.

“Foto yang telah diposting adalah sebagai pengingat dari peristiwa di masa lalu yang positif. Ketika hati sedang tersandera perasaan yang negatif, posting-posting positif menyembuhkannya,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda