Scroll to Top

Mendulang Beragam Manfaat Makan Pepaya

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 19 Mar 2013

pepaya

Pepaya bukan hanya manjur sebagai obat pencahar alami. Temuan sekelompok mahasiswa semester akhir  dari Agriculture and Agribusiness Department, Universitas Karachi, mengatakan, buah berwarna merah kekuningan ini  berkhasiat menurunkan risiko serangan jantung dan diabetes. Belum cukup sampai di situ, peneliti juga menemukan khasiat lain pepaya bagi tubuh. Demikian dikutip Times of India dari Pakistan Times Daily.

Muhammad Kamran Nasir, salah seorang peneliti, mengatakan, biji pepaya yang dibuat jus dapat menjaga fungsi ginjal agar tetap terawat. Alasannya, dalam biji tersebut terdapat kandungan flavonoid dan phenotic, yang berperan mencegah kuman menginfeksi organ ginjal manusia. Jus biji pepaya juga bermanfaat mencegah sejumlah infeksi lain dan membersihkan serangga di usus.

Sebagai informasi, ada 76,7 persen anak di Nigeria terinfeksi serangga di dalam ususnya. Hal tersebut bisa diatasi dengan jus biji pepaya selama tujuh hari berturut-turut. Di samping itu, ungkap Nasir, biji ini juga membantu mencegah penyakit tifus walaupun meminumnya bersama susu. Penyakit wasir juga dapat diatasi dengan jus biji pepaya. Dengan meminumnya secara teratur, kata Nasir, akan melindungi tubuh dari pembentukan tumor kerena memiliki senyawa khusus.

Dari daging buahnya, terdapat sejumlah besar vitamin C, potasium, kalsium, zat besi, thiamin, dan magnesium. Papain, salah satu enzim di pepaya, membantu mengatasi ganguan pencernaan dan masalah lambung. Kandungan carpain dalam pepaya turut membantu mencegah dari beberapa jenis penyakit. Dan, merujuk studi ini, salah satu penyakit yang bisa diatasi adalah diabetes dan serangan jantung.

Sementara itu, Nasir dan timnya juga mencatat manfaat pepaya dalam menyetabilkan tekanan darah. Bagi penderita hipertensi, disarankan memasukkan pepaya dalam menu hariannya. Tekanan darah tinggi diketahui sebagai salah satu sebab pemicu serangan jantung dan stroke, di samping terdapat faktor lainnya.

Antioksidan pepaya, seperti lycopene dan lainnya, berguna dalam melawan atau mencegah kanker dengan mengonsumsi setiap hari. Seratnya bagus untuk mengurangi berat badan. Dan, pepaya menjadi salah satu buah yang berfungsi untuk detoksifikasi racun dalam tubuh. Vitamin A-nya meningkatkan fungsi penglihatan dan menyuburkan pria maupun wanita.

“Pepaya juga menghilangkan keluhan mual dan sembelit, dan juga melindungi dari pembentukan emfisema di tubuh pada mereka yang punya kebiasaan merokok,” kata para peneliti.

Jadi, sudah makan pepaya hari ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda